Iklan

terkini

Seminar Nasional Memperjuangkan Pancasila di Sinjai Sulsel Dihadiri Ratusan Peserta

Jejak Info
Kamis, 31 Agustus 2023, 14:37 WIB Last Updated 2023-08-31T06:37:35Z

Seminar nasional nasional memperjuangkan pancasila berlangsung di Kampus UIAD Sinjai, Senin (28/8/2023)

JEJAKINFIO.COM,SINJAI -- Seminar nasional dengan tema memperjuangkan pancasila di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan diikuti ratusan peserta. Kegiatan tersebut berlangsung di Kampus Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD), Senin, (28/8/2023).


Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Heriwawan mengatakan, seminar memperjuangkan pancasila ini merupakan program Kementerian Dalam Negeri yang pelaksnaannya dipercayakan kepada Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. 


Dimana kegiatan serupa dilaksanakan di bebebrapa kabupaten dan kota, salah satunya di Kabupaten Sinjai. "Kegiatan ini terdistribusi dari pusat ke kota, ke akar rumput dan salah satu titknya di Kabupaten Sinjai," ungkap Heriwawan.


Oleh karena itu dia berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada para peserta tentang bagaimana cara memperjuangkan pancasila di era saat ini, khususnya para pemuda dan mahasiswa dalam mengisi dan mengimplementasikan pancasila. 


"Jika nilai-nilai pancasila terimplementasi dengan baik, maka negara Baldatun Tayyibatun Warabbung Gafur bisa kita capai, makanya pemerintah dan ormas haru bahu membahu melaksanakan nilai-nilai pancasila," bebernya. 

Sekretris Daerah Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengapresiasi seminar nasional Pancasila yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Sebab menurutnya, perjalanan bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran para pemuda.


“Jika kita menoleh ke belakang, kita tidak bisa mengingkari bahwa perjalanan bangsa ini diwarnai oleh pemuda. Bahkan bangsa, pemuda dan revolusi merupakan 3 entitas yang saling berkaitan,” ucapnya.


Melalui forum seminar, ia mendorong generasi muda Sinjai agar berupaya meningkatkan kualitasnya sehingga menjadi pemuda yang sukses dan berprestasi.


“Menjadi seorang pemuda yang memiliki visi, dorongan dan kreativitas untuk mengambil peran dalam menentukan arah bangsa ini tidak mudah. Namun dengan semangat dan tekad tinggi, maka tidak ada yang mustahil,” jelasnya.


Dalam seminar nasional ini, turut hadir Rektor UIAD Sinjai Dr. Firdaus dan Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Infa Wilindaya, M.Si.


Kemudian para narasumber, yakni Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Dr. Pantja Nur Wahidin, Wakil Rektor I UIAD Sinjai, Dr. Ismail, Wakil Rektor III UMSi Dr. Mochamat Nurdin, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel Elly Oschar, serta para peserta seminar dari kalangan pelajar dan mahasiswa. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seminar Nasional Memperjuangkan Pancasila di Sinjai Sulsel Dihadiri Ratusan Peserta

Terkini

Iklan