Iklan

terkini

Operasi Patuh Dimulai, Perhatikan Delapan Pelanggaran Ini untuk Hindari Tilang

Jejak Info
Senin, 10 Juli 2023, 11:41 WIB Last Updated 2023-07-11T01:49:42Z

Apel gelar pasukan operasi patuh Pallawa di Mapolres Sinjai, Senin (10/7/2023)

JEJAKINFO.COM, SINJAI -- Kepolisian Resor Sinjai melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Pallawa tahun 2023. Gelar pasukan ini menandakan dimulainya operasi patuh pada tanggal 10 Juli hingga tanggal 23 Juli mendatang.

Kegiatan diawali dengan penyematan pita oleh Wakapolres Sinjai, Komisaris Polisi (Kompol) Andi Muh. Syafei selaku pemimpin apel, kepada perwakilan Polri, Kodim 1424 Sinjai, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Sinjai.

Membacakan amanat Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, Wakapolres menyampaikan, operasi patuh merupakan operasi cipta kondisi Kemseltibcar Lantas pasca pelaksanaan hari Bhayangkara Tahun 2023.

Hal tersebut dilaksanakan guna mengurangi dan meminimalisir terjadinya potensi yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran berlalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas. "Operasi dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengedepankan giat preemtif, preventif dan didukung pola gakkum lantas secara elektronik," bebernya, Senin (10/7/2023).

Ada delapan jenis pelanggaran menjadi sasaran prioritas pada operasi ini yang dapat menyebabkan terjadinya fatalitas korban berat. Baik meninggal dunia maupun luka berat pada kecelakaan lalu lintas. Seperti, pengendara ranmor menggunakan ponsel saat berkendara.

Kemudian, pengendara yang masih dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan tidak menggunakan helm standar.

Lalu,  pengendara ranmor dalam pengaruh mengomsumsi minuman beralkohol, melawan arus, melebihi batas kecepatan, hingga Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang tidak sesuai dengan spektek atau plat gantung.

"Penanganan pelanggaran tersebut dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran tertulis, tilang manual serta dengan system etle kepada pelanggar," bebernya.

Selain itu, aparat juga melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya disiplin dalam berlalu lintas. Sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Operasi Patuh Dimulai, Perhatikan Delapan Pelanggaran Ini untuk Hindari Tilang

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan