Iklan

terkini

Anda Rutin Minum Kopi? Begini Tipsnya Agar Baik untuk Kesehatan Kita

Jejak Info
Minggu, 09 Juli 2023, 22:45 WIB Last Updated 2023-07-10T14:21:37Z

Ilustrasi

JEJAKINFO.COM -- Menyeruput kopi banyak digemari oleh masyarakat. Seolah hal ini sudah menjadi kewajiban bagi mereka penikmat kopi. Bahkan, ada yang kerap pusing hingga sakit kepala jika tak meminum kopi dalam seharinya. 


Kopi memang menjadi salah satu minuman yang menyehatkan apabila tahu cara minum kopi yang tepat. Kopi merupakan minuman yang kaya dengan molekul antioksidan. Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan manfaat minum kopi, dalam melawan beragam penyakit.


Namun terlalu banyak minum kopi, atau meminumnya di waktu yang salah, akan membawa dampak negatif pada tubuh. Nah, bagaimana cara agar tubuh kita tetap sehat dengan minum kopi? 


Dilansir dari KONTAN.CO.ID, anda perlu mengetahui cara minum kopi yang sehat. Termasuk memperhatikan jam minum kopi, jumlah cangkir, hingga bahan alami yang bisa ditambahkan. Selain, perhatikan pula pemanis yang kamu campurkan setiap menyeruput kopi. 


1. Hindari Minum Kopi di atas jam 2 Siang


Bila Anda ingin lebih sehat, hindari melakukan hal ini. Alasannya adalah adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa minum kopi di atas jam 2 siang hanya akan mengganggu jam tidur malam Anda. 


Penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumsi 400 g kafein 0,3, dan 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan, bila Anda minum kopi 6 jam sebelum tidur maka durasi tidur Anda akan berkurang lebih dari satu jam.


Untuk mengakalinya, anda bisa mulai minum kopi tanpa kafein atau teh yang kandungan kafeinnya lebih sedikit daripada kopi biasa. Atau Anda bisa minum teh hijau sebagai pengganti untuk menenangkan pikiran.


Solusi lainnya adalah anda bisa menyesuaikan batas minum kopi pada siang atau sore dengan jam tidur Anda. Misalnya, bila Anak terbiasa tidur pukul 9 malam, maka batas terakhir Anda minum kopi adalah jam 4 sore. 


2. Kurangi atau Hindari Gula Sebagai Pemanis


Banyak orang termasuk anda mungkin suka menambahkan gula sebagai pemanis untuk kopi. Rupanya cara ini tidak benar. Seharusnya anda mengurangi atau tidak menambahkan gula karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.


Namun hal ini tentunya sangat sulit bagi Anda yang tidak kuat atau tahan dengan rasa pahit dari kopi. Oleh karena itu, sebagai gantinya, anda bisa menggunakan pemanis alami, seperti gula, madu, kelapa atau stevia. Walaupun pemanis alami ini mengandung kalori, tapi kandungannya tidak sebanyak gula sehingga kadar gula darah Anda tidak akan meningkat secara drastis.


Solusi lainnya adalah Anda bisa mulai mengkonsumsi kopi yang agak encer daripada yang kental. Anda tetap bisa menambahkan gula tapi seperlunya saja. Anda juga bisa menggunakan gula diet agar tidak banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda. 


3. Tambahkan Kayu Manis 


Anda bisa membuat kopi yang lebih sehat dengan dengan menambahkan kayu manis. Tidak hanya membuat kopi terasa lebih enak, kayu manis juga memiliki banyak manfaat kesehatan.


Penelitian dari jurnal Pharmacotherapy berhasil membuktikan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua. Selain itu, kayu manis diketahui juga dapat menstabilkan kadar gula darah didalam tubuh.


Oleh karena itu, Anda sebaiknya menambahkan kayu manis dalam bentuk serbuk, Dengan demikian, Anda bisa mengurangi risiko melonjaknya kadar gula darah Anda. 


4. Gunakan Krimer Alami


Anda  bisa menggunakan krimer alami salah satu bahan tambahan dalam kopi Anda. Dengan krimer, kopi yang Anda minum akan terasa lebih gurih dan kental sehingga rasa pahit yang Anda rasakan akan berkurang. Selain itu, krimer juga dapat memberikan tambahan nutrisi termasuk kandungan dari susu sapi meskipun tidak terlalu banyak.


Pilihlah krimer yang alami dan jangan gunakan yang sintetis. Alasannya adalah krimer alami jauh lebih bermanfaat untuk tubuh. Disisi lain, krimer yang sintetis hanya akan memicu gangguan tubuh karena kandungan pengawet di dalamnya.


5. Pilih Jenis Kopi Organik


Ada banyak jenis kopi di luar  sana yang bisa Anda beli. Ada jenis kopi yang dibuat oleh pabrik dan dijual secara masal. Ada pula kopi organik yang diolah secara manual dan dijual secara eksklusif.


BIla Anda ingin tetap sehat, maka pilihlah jenis kopi organik. Alasannya adalah banyak kopi di luar sana yang berasal biji yang ditanam dengan bahan kimia seperti pestisida. Tentunya, bahan kimia pada kopi ini berbahaya untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.


DI sisi lain, kopi organik berasal dari biji yang ditanam tanpa bahan kimia sama sekali.Tentunya, hal ini membuat kopi organik sehat untuk dikonsumsi.


Walau demikian, kopi organik memiliki harga yang cukup mahal karena memang kopi jenis ini membutuhkan perawatan yang baik. Solusinya adalah Anda bisa membelinya dalam ukuran besar yang harganya lebih murah dari eceran.


6. Tambahkan Serbuk Kakao atau Cokelat


Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi karena minuman ini memiliki khasiat untuk meningkatkan konsentrasi. Selain itu, rutin meminumnya juga akan membuat tubuh lebih sehat. 


Agar manfaatnya terasa semakin besar, Ana bisa menambahkan bubuk kakao atau coklat yang tidak memiliki kandungan gula sama sekali. Seperti yang Anda ketahui coklat mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. 


Selain itu, coklat juga membuat kadar gizi dalam kopi Anda menjadi lebih besar yang tentunya akan membuat tubuh Anda jauh lebih sehat. Kopi Anda pun juga akan terasa  lebih nikmat dan bisa diterima oleh lidah.


Itulah enam tips minum kopi yang bisa Anda lakukan agar tidak kehilangan khasiat kafein yang bisa membuat Anda lebih sehat. Ada baiknya juga Anda tetap membatasi minum kopi agar sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. (*) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anda Rutin Minum Kopi? Begini Tipsnya Agar Baik untuk Kesehatan Kita

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan