Iklan

terkini

Alasan Puluhan Kades Sinjai Pilih Gunung Putri Jadi Lokasi Studi Tiru, Ternyata Jadi Desa Terbaik Hanya dalam 3 Tahun

Jejak Info
Kamis, 27 Juli 2023, 15:03 WIB Last Updated 2023-07-27T07:03:38Z

Kegiatan studi tiru kepala des dan Dinas PMD Sinjai di Kab. Bogor

JEJAKINFO.COM, BOGOR -- Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor berhasil menjadi desa terbaik hanya dalam tiga tahun. Kepiawaian pemerintah setempat dalam mengelola desanya membuat desa tersebut menjadi tujuan studi dari luar provinsi.

Seperti halnya yang dilakukan 58 kepala desa se-Kabupaten Sinjai. Mereka turut mengunjungi Gunug Putri untuk melakukan studi tiru sejak tanggal 26 sampai 29 Juli 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Yuhadi Samad mengatakan, pemerintah desa Gunung Putri berhasil menyulap desanya menjadi desa maju dari awalnya desa gersang. Hal ini menjadikan desa tersebut dilirik oleh desa dari luar provinsi untuk melakukan studi tiru.

"Kepala desanya baru tiga tahun menjabat tapi sudah mampu merubah wilayahnya menjadi desa maju dan terbaik di Bogor," beber Yuhadi, Kamis (27/7/2023).

Beragam inovasi yang dilakukan oleh kepala desa setempat pun akan dipelajari oleh puluhan kepala desa dari Sinjai. Mulai dari inovasi desa digital, pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dan berbagai inovasi lainnya.

Sehingga kegiatan studi tiru ini diharapkan menjadi ajang untuk mengadopsi inovasi tersebut untuk diterapkan sesuai dengan kondisi dan karakteristik desa masing-masing.

"Kalau kami Dinas PMD studi tirunya di Dinas PMD Kab. Bogor terkait penerapan sistem keuangan desa online dan profil desanya," tutup Yuhadi. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alasan Puluhan Kades Sinjai Pilih Gunung Putri Jadi Lokasi Studi Tiru, Ternyata Jadi Desa Terbaik Hanya dalam 3 Tahun

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan