Iklan

terkini

Rekrutmen CASN Dibuka September 2023, Ini Jurusan yang Banyak Dicari

Jejak Info
Jumat, 21 Juli 2023, 13:56 WIB Last Updated 2023-07-21T06:01:50Z


Ilustrasi

JEJAKINFO.COM, JAKARTA -- Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bulan September 2023. Jumlah kuota yang akan disiapkan mencapai 1.030.751 untuk CPNS dan PPPK.


Hal tersebut diketahui berdasarkan keterangan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas dikutip dari Kompas.com. Jika pada tahun 2022 tidak disiapkan kuota untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maka tahun ini Pemerintah akan menyiapkan kuota CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Berikut jurusan yang banyak dicari selama rekruitmen CPNS 2021, sebagai referensi CPNS tahun 2023 adalah; 


1. Jurusan Politik dan Pemerintahan 

Jurusan Politik dan Pemerintahan memiliki peluang cukup besar untuk berkarier menjadi PNS. 


2. Jurusan Pendidikan 

Baik CPNS maupun PPPK, membuka banyak lowongan bagi jurusan pendidikan. Mulai dari jurusan PG PAUD, sejarah, olahraga, dan masih banyak lagi. 


3. Jurusan Kesehatan 

Jurusan Kesehatan merupakan salah satu jurusan yang banyak dicari saat CPNS tahun 2021. 


4. Jurusan Hukum 

Jurusan ini juga termasuk salah satu jurusan yang memiliki banyak formasi. Contohnya seperti formasi Kejaksaan Agung atau Analisis Rancangan Naskah Perjanjian. Kementerian yang menyediakan porsi banyak untuk Jurusan Hukum, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 


5. Jurusan Manajemen 

Jurusan di bidang sosial humaniora atau IPS ini juga banyak dicari oleh Pemda dan Kementerian. Jika kamu lulusan manajemen dan ingin jadi PNS, inilah saatnya untuk daftar. 


6. Jurusan Teknik 

Contoh jurusan teknik yang bakal banyak dicari selama CPNS nanti ialah Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin Teknik Sipil, Arsitektur, sampai jurusan Teknik Informasi. Baca juga: Rekrutmen CASN 2023 Bakal Dibuka, Ada Formasi bagi Fresh Graduate 


7. Jurusan Bahasa Inggris 

Jurusan Bahasa Inggris juga memiliki karier yang bagus di pemerintahan. Sebab, hampir semua kementerian, dinas, pemerintahan pusat maupun daerah membutuhkan lulusan ini. 


8. Jurusan Ekonomi 

Tentu saja jurusan ini menjadi jurusan yang paling banyak dicari selama CPNS.  Itu karena, hampir semua sektor pemerintahan membutuhkan lulusan jurusan ekonomi mulai Pemda dan Kementerian. 


9. Jurusan Psikologi 

Jurusan Psikologi memiliki karier menjadi PNS dengan posisi yang sangat beragam. Di antaranya formasi Asesor Sumber Daya Manusia, Aparatur, dan Analis Pengembangan Kompetensi 


10. Jurusan Akuntansi 

Sama halnya dengan jurusan Ekonomi, Manajemen, jurusan Akuntansi termasuk jurusan yang memiliki formasi banyak selama CPNS di tahun 2021 dan tahun sebelumnya. (*)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rekrutmen CASN Dibuka September 2023, Ini Jurusan yang Banyak Dicari

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan