Iklan

terkini

Produksi Perikanan Sinjai Rambah Pasar Cina

Jejak Info
Jumat, 07 Juli 2023, 15:40 WIB Last Updated 2023-07-07T07:40:26Z

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa saat melepas ekspor perdana komoditas perikanan tujuan negara Cina beberapa waktu lau. (IST)

JEJAKINFO.COM, SINJAI -- Hasil produksi perikanan Kabupaten Sinjai memang tak diragukan kualitasnya. Terbukti, ikan asal Sinjai mulai merambah pasar Cina.

Hal tersebut ditandai dengan pelepasan perdana komoditas perikanan bernilai ekspor yang dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai bersama PT Lontara Jaya Sakti itu. Berlangsung di Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Larea-rea Kelurahan Lappa, beberapa waktu lalu.

Ekspor perdana dengan tujuan awal ke Negara Cina ini berkisar Rp 1 Miliar. Sebab berisi 11 ton ikan segar beku dari ikan kerapu.

Direktur PT Lontara Jaya Sakti, Citra Wahyuni menjelaskan, selama ini hasil tangkapan nelayan Sinjai harus menempuh jarak kurang lebih 6 sampai 8 jam untuk dijual ke Makassar. Selain itu, kualitasnya menjadi incaran negara luar.

"Kualitasnya sangat fresh, great A, memang incaran Negara luar untuk kualitasnya," ungkapnya.

Untuk ekspor perdana ini pihaknya mengirim 11 ton. Dia pun menarget 4 sampai 5 ton dengan melihat potensi perikanan Kabupaten Sinjai. "Saya berani berinvestasi di Sinjai tidak lebih dari respons pemerintah yang benar-benar mau menerima investor untuk bergabung,” katanya.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengaku bangga dan bersyukur karena bisa menyaksikan langsung salah satu pengusaha yang berani untuk datang berinvestasi dan langsung mengekspor ke luar negeri.

Menurutnyaa, Kabupaten Sinjai memang memiliki potensi sumber daya laut yang sangat luar biasa. Selama ini sumber daya laut ini sudah dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mencari nafkah.

Hanya saja, saat dijual ke luar negeri tidak dilabeli nama Kabupaten Sinjai karena selama ini langsung di bawa ke Makassar. "Sampai di sana (Makassar, baca) mungkin diproses atau tidak, dan akhirnya di ekspor labelnya sudah tidak lagi menggunakan nama daerah kita,” ujar ASA.

Olehnya itu dia menyampaikan terima kasih karena PT Lontara telah memperlihatkan komitmennya yang sangat besar. Keberanian untuk melakukan investasi bekerjasama dengan pemerintah daerah khususnya di bidang perikanan

“Ini adalah awal dan kita berharap serta doakan PT Lontara bisa sukses. Mudah-mudahan ini bisa berjalan sesuai keinginan teman-teman dari PT Lontara,” kuncinya. Selain ke Cina, komoditas perikanan bernilai ekspor juga akan dikirim ke Korea, Vietnam dan Taiwan.

Pelepasan perdana ini turut dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai Lukman Dahlan, Kepala Dinas Perikanan Syamsul Alam, Kabag Perekonomian Setdakab Sinjai Andi Mandasini serta perwakilan TNI AL. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Produksi Perikanan Sinjai Rambah Pasar Cina

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan