Iklan

terkini

Dikemas dengan Kuliah Umum, Pj Bupati Sinjai Berbagi Pengalaman Kepemimpinan di Hadapan Civitas Akademika UMSi

Jejak Info
Senin, 22 Januari 2024, 17:00 WIB Last Updated 2024-01-23T04:01:48Z

Pj Bupati Sinjai saat menyampaikan kuliah umum di hadapan civitas akademika UMSi, Senin (22/1/2024)

JEJAKINFO.COM, SINJAI
-- Pelaksana Jabatan (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi). Kesempatan itu dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman kepemimpinan di hadapan civitas akademika yang dikemas dengan acara kuliah umum.


T.R Fahsul Falah mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk menyampaikan gagasan, buah pikiran, dan inovasi dengan tema kepemimpinan now dan Manajemen Sumber Daya Manusia.


Dia memulai penyampaiannya dengan sebuah kutipan "masa lampau adalah keniscayaan, masa kini kenyataan, dan masa depan adalah harapan,". Kutipan ini pun dia kaitkan dengan awal mula dirinya menjabat sebagai Pj Bupati yang dihantam berbagai persoalan.


Hanya saja, dirinya tetap menghadapi dengan baik segala persoalan itu dan mencoba mencarikan solusi penyelesaiannya. "Mulai dari utang Awry Cake hingga Alun-alun, tapi kami tetap mengurai persoalan-persoalan itu dan berupaya menyelesaikan dengan baik," bebernya, Senin (22/1/2024).


Kemudian, di hadapan para peserta, TR Fahsul Falah memaparkan core values atau nilai-nilai inti Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan akronim Berakhlak. Yakni, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, humanis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.


Selain itu, Pj Bupati juga menyampaikan tiga poin penting yang harus dilakukan setiap pemimpin yang disingkat dengan "CDB" yakni, Copy (mengkopi), Develop (mengembangkan), dan Butter (membuat lebih baik lagi).


"Setiap inovasi yang kita lakukan di suatu tempat bisa kita copy ke tempat lain, karena pasti akan berbeda karena lokusnya berbeda dan pada saat yang salam kita juga melakukan pengembangan dan berbuat lebih lagi," urainya.


Bukan hanya itu, Pj. Bupati juga menyampaikan berbagai poin-poin penting terkait kepemimpinan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Terakhir dia kembali menyampaikan pepatah bijak.


"Believe sistem yaitu cara berpikir dapat merubah tindakan, dapat merubah kebiasaan, dapat merubah kebiasaan, dapat merubah karakter, dan dapat merubah kenyataan," bebernya.


Rektor UMSi Prof. Umar Congge, menyambut baik kedatangan Pj Bupati untuk memberikan langsung kuliah umum di hadapan dosen dan mahasiswa. Hal ini memberikan spirit yang luar biasa bagi kami di perguruan tinggi. 


"Kalau kita dengarkan muatan materi yang disampaikan bapak tadi, itu bisa mencakup 1 semester,” pujinya.


Melalui kesempatan ini pula, Prof. Umar berkomitmen untuk terus bersinergi dengan Pemkab Sinjai dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul demi memajukan Kabupaten Sinjai di masa yang akan datang.


Di acara tersebut, Pj Bupati Sinjau turut memberikan bantuan senilai Rp10 juta kepada Rektor UMSi. Dia berharap, bantuan tersebut digunakan untuk kemajuan pendidikan Sinjai melalui salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah di Sinjai itu. (*)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dikemas dengan Kuliah Umum, Pj Bupati Sinjai Berbagi Pengalaman Kepemimpinan di Hadapan Civitas Akademika UMSi

Terkini

Entri yang Diunggulkan

Deretan Petahana Anggota DPRD Sinjai Tumbang di Pemilu 2024

Iklan