Tor vs VPN? Apa yang Terbaik dan Mana Yang Harus Saya Gunakan?

 

TOR (The Onion Router) dan VPN (Virtual Private Network)


    TOR vs VPN, diskusi yang sia-sia yang telah ada selama lima hingga sepuluh tahun terakhir. Keduanya adalah teknologi yang berbeda tetapi dirancang untuk memenuhi tujuan yang sama: anonimitas/anonimitas  dan akses tidak terbatas. Namun, ada beberapa perbedaan antara TOR (The Onion Router) dan VPN (Virtual Private Network) yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebelum memilih salah satunya. Dua alat anonimitas, Tor dan VPN, sering disalahartikan sebagai rival,


    Berbicara tentang penyelamat anonimitas kita, mereka dapat dipahami sebagai dua modal transportasi, seperti pesawat terbang dan bus. VPN seperti pesawat terbang yang lebih cepat tetapi lebih mahal. Dan TOR, seperti bus, lebih lambat tapi murah (sebenarnya gratis).

    Sebuah bus dapat menjemput Anda tepat di luar rumah Anda, tetapi tidak demikian halnya dengan pesawat. Ini mengacu pada ketersediaan. Diperlukan beberapa menit untuk mengaktifkan dan menjalankan Tor karena hanya ada satu varian. Di sisi lain, seseorang harus membandingkan berbagai layanan VPN sebelum memilih yang terbaik.


    TOR dan VPN dimaksudkan untuk memberikan anonimitas kepada Anda dan membantu Anda menyembunyikan data dan lokasi Anda dari "perantara" yang ada di jaringan yang Anda sambungkan.


Tor Vs VPN: Apa bedanya?

Sekarang, sebelum melanjutkan lebih jauh, Anda perlu membaca artikel berikut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja Tor dan VPN, jika Anda tidak terbiasa dengannya:


Segalanya Tentang Tor: Apa itu Tor? Bagaimana Tor Bekerja?

Apa itu VPN (Virtual Private Network)? Bagaimana cara kerjanya?

Kapan menggunakan Tor?

    Satu-satunya tujuan TOR atau The Onion Router adalah memberikan perlindungan kepada Anda. Itu menyembunyikan lokasi Anda dengan menutupi data Anda dengan beberapa lapisan enkripsi dan memantulkan data Anda melalui relai berbeda yang ada di jaringan TOR, tidak diketahui semua orang yang menggunakan jaringan TOR. 


    Izinkan saya mencerahkan Anda dengan fakta, TOR mengenkripsi koneksi Anda, bukan data Anda. Jadi, jika Anda mengirimkan beberapa informasi 'teks biasa', lalu di node keluar, tempat lapisan enkripsi terakhir didekripsi, ada kemungkinan seseorang dapat mengakses data Anda yang tidak dilindungi. Jadi, disarankan agar Anda menggunakan koneksi HTTPS untuk melindungi data Anda saat sedang dalam perjalanan ke server tujuan. alangkah baiknya jika ingin mengirim pesan yang sifatnya prifasi alangkah baiknya anda membuat enkripsi di pesan tersebut.


    Dan cobalah untuk tidak mengirim informasi rahasia apa pun seperti email, telepon, atau detail pribadi lainnya tanpa enkripsi apa pun, karena ini mungkin berfungsi sebagai cara untuk mengidentifikasi Anda, tidak peduli berapa banyak relai yang Anda lewati.


    TOR sering digunakan ketika pengguna membutuhkan anonimitas tingkat tinggi, seperti dalam situasi di mana Anda mungkin ingin bertindak sebagai "Whistleblower" seperti Edward Snowden, yang mengungkap tindakan tidak etis NSA, atau jika Anda diawasi oleh pengadilan. Ini juga efektif jika Anda tidak ingin seseorang mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, atau jika Anda menghadapi ancaman pembunuhan atau dibuntuti di internet.


    Ya, TOR tidak dapat dianggap sebagai solusi yang sangat mudah untuk pencarian anonimitas, tetapi berbagai relai yang ada di jaringan TOR menambah kesulitan yang dihadapi seseorang saat melacak aktivitas Anda di jaringan, bahkan NSA merasa sulit untuk melakukannya. mengidentifikasi seseorang di jaringan TOR.


    Tor berfungsi untuk menyembunyikan identitas Anda, tetapi itu menghabiskan kecepatan koneksi Anda, yang harus Anda korbankan jika Anda ingin menggunakan jaringan TOR.


    Penggemar film dan orang-orang yang melakukan torrent tidak akan menganggap TOR terlalu menarik karena latensi koneksi yang tinggi dibuat saat data melompat melalui relai mengurangi kecepatan koneksi dengan jumlah yang cukup besar.


    Merupakan tindakan yang bijaksana untuk menggunakan TOR hanya untuk memuat halaman statis, yang dilayani dengan baik oleh jaringan latensi tinggi. Anda tidak akan dapat menyangga video youtube atau mengunduh film HD dengan cepat, untuk kebutuhan itu Anda harus menggunakan VPN.


    Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Tor dalam kombinasi dengan layanan VPN untuk meningkatkan keamanan dan anonimitas Anda saat menjelajahi web.


Kapan menggunakan VPN?

    Seperti yang mungkin telah Anda baca di tautan di atas, dan kami sangat tahu bahwa dalam koneksi VPN, terowongan terenkripsi dibuat yang memungkinkan aliran data Anda tanpa gangguan dari perangkat Anda ke server VPN, yang bertindak sebagai perwakilan Anda untuk publik Internet.


    VPN mampu memberikan kecepatan tinggi dan berhasil memenuhi kebutuhan penggemar film dan YouTuber kami. Tetapi dalam hal ini juga, hanya koneksi Anda yang dienkripsi dan bukan data Anda, jadi saya menyarankan Anda untuk menggunakan alat enkripsi PGP saat mengirim beberapa data rahasia.


    Server VPN memiliki akses ke semua lalu lintas yang Anda mulai, tetapi layanan VPN populer mengklaim bahwa mereka tidak menyimpan log apa pun. Nah, klaim itu mungkin terdengar sah sampai lembaga pemerintah mana pun bertanya kepada mereka tentang keberadaan Anda di jaringan mereka.


    Jaringan VPN dapat digunakan dalam situasi berisiko rendah seperti jika Anda tidak dituduh melakukan beberapa kejahatan yang mungkin atau mungkin tidak Anda lakukan, atau jika Anda ingin bersembunyi dari berbagai alat pelacakan di internet dan cukup menelusuri internet atau mengunduh torrents.


    Virtual Private Networks juga digunakan untuk memperluas jaringan pribadi perusahaan yang memfasilitasi karyawan untuk bekerja dari lokasi yang jauh dan masih memiliki akses ke sumber daya perusahaan.


    Jaringan VPN juga dapat digunakan untuk melewati batas geografis untuk mendapatkan akses ke layanan yang diblokir atau menggunakan internet di tempat-tempat di mana organisasi federal telah menerapkan pembatasan jaringan untuk masyarakat umum.


Tor Vs VPN: Membungkus

    Baik TOR maupun VPN memiliki pro dan kontra, tetapi mereka bukan musuh. Sebaliknya, mereka diciptakan untuk melayani tujuan yang sama, untuk memberikan anonimitas/privasi kepada pengguna online, tetapi mereka telah disalah pahami sebagai saingan. Saya tidak dapat menyarankan salah satu dari mereka karena masing-masing mengungguli yang lain dalam beberapa aspek, dan kami tidak dapat menyatakan pemenang dalam pertempuran TOR Vs VPN.

Ingat!!! menggunakan TOR VS VPN Tidak dapat melindungi data anda melainkan mereka mengenkripsi level jaringan anda agar anda tidak dapat di lacak..

    Kebutuhan saat ini adalah menggunakan keduanya sesuai kebutuhan Anda dan melayani niat Anda. Adalah bijaksana untuk tidak membicarakan kredibilitas mereka yang hanya berkontribusi pada diskusi yang menarik. Jadi, tetap anonim, tetap aman.


Apakah menurut Anda ini membantu? Sampaikan pemikiran dan masukan Anda.


0 komentar