(Keren) Linux Mint 20.1 Beta Dirilis Dengan Aplikasi IPTV/TV Baru Dan Manajer WebApp

linux mint

     Setelah enam bulan pengembangan, pendiri Linux Mint Clem Lefebvre telah secara resmi mengumumkan versi beta dari "Ulyssa" Linux Mint 20.1 baru dan yang akan datang.

    Sebelum lanjut kiat perlu tau, Linux mint adalah sistem operasi turunan dari kali linux namun biasa untuk versi pemula yang ingin mencoba linux. Memang tak banyak fitur ddos attack atau penetrasing seperti kali linux dan tidak banyak paket yang terinstal seperti ubuntu, Namun linux mint sangat design poferful tampilan mirip dengan windows yang tentunya bagus untuk pemula linux.
Seperti yang Anda ketahui, Linux Mint 20.1 adalah versi long term support (LTS), yang akan menerima pembaharuan keamanan hingga 2025. Rilis beta hadir dengan perangkat lunak yang diperbarui, fitur baru dan tersedia dalam edisi Cinnamon , Xfce , dan MATE .

Apa yang Baru Di Linux Mint 20.1 Beta? 

Dimulai dengan tambahan baru, Mint 20.1 Beta menyertakan dua aplikasi baru buatan sendiri: Hypnotix dan Web App Manager.

    Hypnotix adalah pemutar IPTV untuk daftar putar M3U yang dilengkapi dengan penyedia IPTV gratis yang disebut Free-IPTV secara default. Ini juga mendukung TV langsung dan menyediakan saluran TV langsung yang tersedia secara gratis dan tersedia untuk umum.

Hypnotix - pemutar IPTV baru
    Bersamaan dengan siaran langsung TV, jika daftar putar atau penyedia IPTV Anda memiliki bagian VOD (Video On Demand), Anda bahkan dapat menonton film atau serial TV di Hypnotix.
putar film
    Datang ke manajer aplikasi web , aplikasi ini memungkinkan Anda membuat Aplikasi Web dengan mengubah situs web apa pun menjadi aplikasi desktop yang berdiri sendiri.
buat aplikasi web

    Aplikasi web ini bertindak seperti aplikasi desktop lainnya dengan jendela dan ikonnya sendiri. Anda juga dapat meluncurkannya dari menu aplikasi (kategori Web) dan menyematkannya ke panel Anda jika Anda ingin dapat mengaksesnya dengan cepat.
Kategori web dalam menu aplikasi untuk Aplikasi Web


    Selain itu, desktop Cinnamon versi 4.8 yang baru menghadirkan kinerja yang lebih baik, termasuk peningkatan rendering 5% pada 4K dan penggunaan yang lebih rendah dalam manajemen jendelanya.

Selain itu, Cinnamon 4.8 telah membawa dukungan untuk mekanisme "suspend-then-hibernate" Systemd, Flatpak yang lebih baik, Zstd di nemo-fileroller, dan Thumbnail untuk file hingga 64GB di manajer file Nemo.

Berikut ringkasan singkat dari perubahan lain yang disertakan Linux Mint 20.1 Beta:

  • Kernel Linux 5.4
  • Berdasarkan basis paket Ubuntu 20.04
  • Desktop Cinnamon 4.8, MATE 1.24, dan Xfce 4.14
  • Menambahkan paket Chromium resmi ke repositori Linux Mint
  • Dukungan untuk Favorit dan bagian untuknya di pengelola file
  • Peningkatan Pencetakan dan Pemindaian dengan menghapus driver ippusbxd
  • Driver HP Linux Imaging and Printing (HPLIP) yang ditingkatkan ke versi 3.20.11
  • Filter menurut kemampuan peringkat di Pix, penampil gambar dan browser
  • Akselerasi video perangkat keras yang diaktifkan secara default di Seluloid
  • Tata letak sistem file terpadu
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Linux Mint 20.1 Beta?
  • Anda dapat mengambil gambar ISO Mint 20.1 Beta langsung dari mirror yang tersedia di dekat lokasi Anda atau menggunakan torrent dan menginstalnya. Setelah versi stabil tiba, Anda juga dapat memutakhirkannya ke rilis stabil.

    Terakhir, saya juga ingin menyebutkan bahwa ini adalah rilis beta yang mungkin mengandung bug kritis. Karenanya, Anda sebaiknya hanya menggunakannya untuk tujuan pengujian, bukan untuk proses produksi maupun untuk bisnis. Silahkan mencoba semoga berhasil

yuk mari bertanya di kolom komentar trimakasih 🙏



0 komentar