Cara Mengatasi Disk Yang Tiba Tiba Penuh (virus, Temp, Trojan)

Jika anda sudah menggunakan laptop dalam jangka lama tak heran dong disk anda pasti penuh baik itu secara tiba tiba maupun tidak. Tapi kamu percaya nggak bahwa disk penuh tidak di sababkan oleh isi data diri maupun aplikasi yang ada pada laptop kamu lantas apa?

Lanjut sebelum lanjut ngopi dulu deh santai bae. Oke jadi intinya setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya jadi slow. Sedikit penjelasan dalam windows ada namannya file Registry maupun logs file yang ini nih file yang sering bikin diks kamu penuh. 

Penyebab disk penuh apa? Oke disk penuh paling umum yang saya jumpai karena file temp pada disk C, virus yang dapat mencopy diri atau trojan, registry. Nah itu tadi 3 permasalahan yang sering saya jumpai, bahkan masalah yang sering sekarang adalah disk menjadi 0 mb bagaimana mengatasi?

etssss untuk mengatasi masalah tersebut saya hendaknya memikirkan bagaimana cara agar 3 masalah di atas bisa di atasi dengan 1 cara. namun sebelum menggunakan cara jitu silahkan bersihkan file log nya menggunakan tolls bawaan siapa tau memang sudah lama anda tidak bbersihkan caranya:

1. Buka Explorer => Klik kanan pada disk C => lalu pilih Disk Cleanup 
bersikan diks penuh pakai diskcleanup
2. Silahkan tunggu proses scaning slesai lanjut silahkan centang bagian yang ada ukuran filenya lalu delete


Oke langkah ke dua adalah menggunakan pihak ketiga, iya dong kita pakai aplikasi WinDirStar nah jadi saya jelaskan sedikit fungsi aplikais ini jadi aplikasi ini kerjanya menscan seluruh isi disk kamu sekecil apapun aplikasi kamu akan terditeksi oleh aplikasi ini.

Keunggulan menggunakan aplikasi ini menurut saya sangat mudah di gunakan dan bermanfaat, pasalnya ketika kita mencari file yang di sembunyikan oleh virus maka dengan aplikasi ini akan terditeksi dan kita bisa menghapusnya
bersihkan file temp
Nah noh penampakan menggunakan aplilasi windirstar, oke jadi maaf kalau penjelasanya kurang di pahami tapi saya yakin jika anda menginsatal nanti anda akan memahaminya. Namun jika anda sulit memahami nya anda bisa melihat youtube saya yang nantinya saya bahas juga masalah ini. lanjut kita masuk langkah membersikanya.

1. pada gambar di atas kan kelihatan ukuran file pada setiap disk coba curigai file yang ukuranya terlalu besar dan telusurin terus file gak pentingnya, seperti gambar di atas
2. jika sudah ada file yang sudah tidak penting namun masih tersimpan seperti di atas ada masih menyimpan file temp. langkah selanjutnya klik kanan => lalu pilih Delete . Ikuti seperti gambar di bawah

3. atau jika masih pusing klik pada gambar warna warni yang ada di bawah klik pada  gambar simpelnya gambar yang memakan banyak space maka akan besar seperti anak panah gambar di bawah.

okee siap sudah caranya gimana pasti disknya sudah banyak yang kosong? jadi ada sedikit catatan biasanya jika ada virus yang dapat membelah diri meskipun sudah di bersihkan akan mencopy lagi untuk membersihkanya cukun scan menggunakan antivirus. jika masih belum bisa nanti saya buatin lagi tutorialnya untuk versi virus yang bisa membelah diri mengingat kita harus membasmi dari akarnya virus.

good luck guys semoga bermanfaat amin....

0 komentar

Posting Komentar