Perbedaan 32 bit dengan 64 bit Dan Cara Cek nya

Bagi seorang teknisi tentu anda sudah tidak heran dengan perbedaan antara Windows  64 bit dengan 32 bit tentunya, Karna saat akan melalukan instal ulang seorang teknisi komputer akan menjumpai ini saat, dan harus paham akan hal ini.

Perbedaan dari 32 dan 64 bit ini adalah dari segi aplikasi dan pemakaian Ram, Dari sekian banyak aplikasi komputer ada beberapa aplikasi yang memang dikhususkan untuk  64 bit saja. Jika anda menggunakan windows 64 bit dan ingin menginstal aplikasi 32 bit apakah bisa? Ya tentu bisa yang nanti akan membuat folder di disk C dengan nama Program Files (X86). Di situlah kumpulan aplikais dengan versi 32 bit, Berbeda jika anda menggunakan versi 32 bit itu tidak akan bisa menginstal dengan versi 64 bit.

Prosesor 32-bit
Prosesor 32-bit adalah prosesor utama yang digunakan di semua komputer sampai awal 1990 - an .  rosesor Intel Pentium dan prosesor AMD awal adalah 32-bit, yang berarti sistem operasi dan perangkat lunak bekerja dengan unit data yang lebar 32 bit. Windows 95, 98, dan XP adalah sistem operasi 32-bit.

Komputer 64-bit

Komputer 64-bit telah ada sejak 1961 ketika IBM menciptakan superkomputer IBM 7030 Stretch. Namun, itu tidak digunakan di komputer rumah sampai awal 2000 - an . Microsoft merilis versi 64-bit Windows XP untuk digunakan pada komputer dengan prosesor 64-bit. Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 juga hadir dalam versi 64-bit. Perangkat lunak lain telah dikembangkan yang dirancang untuk dijalankan pada komputer 64-bit, yang berbasis 64-bit juga, karena mereka bekerja dengan unit data yang lebar 64 bit.



Perbedaan
Perbedaan besar antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah perhitungan per detik yang dapat mereka lakukan, yang mempengaruhi kecepatan di mana mereka dapat menyelesaikan tugas. Prosesor 64-bit dapat datang dalam versi dual-core, quad-core, enam-core, dan delapan-core untuk komputasi rumah. Multiple core memungkinkan peningkatan jumlah perhitungan per detik yang dapat dilakukan, yang dapat meningkatkan daya pemrosesan dan membantu membuat komputer berjalan lebih cepat. Program perangkat lunak yang membutuhkan banyak perhitungan agar berfungsi dengan lancar dapat beroperasi lebih cepat dan lebih efisien pada prosesor multi-core 64-bit, untuk sebagian besar.

Perbedaan besar lainnya antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah maksimum memori ( RAM ) yang didukung. Komputer 32-bit mendukung maksimum 4 GB (2 32 byte ) memori, sedangkan CPU 64-bit dapat mengatasi maksimum teoritis 18 EB (2 64 byte). Namun, batas praktis CPU 64-bit (pada 2018) adalah 8 TB RAM yang dapat dialamatkan.

Catatan: (Komputer dengan prosesor 32-bit tidak dapat menginstal versi 64-bit dari sistem operasi. Itu hanya dapat memiliki versi 32-bit dari sistem operasi yang diinstal.)

Anda hanya akan menjumpai 32 bit dan 64 hanya di sistem operasi Windows saja. Namun jika anda masih bingung untuk mengetahui versi berapakah windows anda silahkan anda cek dengan cara berikut.

Untuk mengecek nya juga ada 2 cara yang memang sering orang gunakan:
#masuk ke my computer anda lalu klik kanan dan pilih properti.  Seperti gambar di bawah.
  cara melihat versi windows
cara melihat versi windows
#setelah itu lihat pada gambar yang di bold di bawah karena saya menggunakan windows 7 dengan 64 bit maka akan 64bit.
  cara melihat versi windows 32bit dan 64bit
cara melihat versi windows 32bit dan 64bit
#Selanjutnya melihat versi windows secara keseluruhan dengan cara tekan tombol Windows + R secara bersamaan da tuliskan dxdiag  seperti gambar di bawah:
menu dxdiag
dxdiag
#Dan lihat version di menu Operating System Seperti gambar berikut:
dxdiag
Setelah melihat perbedaan di atas  tentu anda sudah dapat menyimpulkan bahwa versi 64 bit lah yang lebih baik karan lebih banyak support di bagian editing  vidio gravis dan aplikasi besar lainya.

0 komentar

Posting Komentar