9 Alasan Ganti Sistem Operasi Windows Pindah Ke Linux (Wjib Tau)

Windows Merupakan sistem operasi dengan jumlah user tebanyak di dunia, Namun juga banyak windows bajakanya di indonesia sendiri hampir 80% penduduknya menggunakana windows bajakan. Alasan menggunakan windows bajakan adalah yang pasti gratis dan tidak berbayar, Namun perlu di ketahui bahwa saat anda menginstal windows bajakan berbagai virus akan menginfeksi di hardisk anda karna windows bajakan sifatnya operasi sistemnya sudah di modifikasi ulang.

Dan windows merupakan operasi sistem yang rentan terhadap serangan baik itu virus, maupun malware. Mengapa windows rawan? Alasan yang logis adalah karna windows merupakan pengguna user terbnayak dan kebanyakan orang bilang sistemnya tidak sekuat linux. Karna user pengguna sangat banyak di windows, timbulah beberapa orang yang ingin mencoba mengambil data di laptop yang terinstal windows.

Berapa kali Anda mendapati diri Anda menderita melalui pembaruan Windows, menjadi korban  virus, malware, atau ransomware, merasa dibatasi oleh cara Apple atau Microsoft dalam melakukan sesuatu, atau secara umum berharap ada alternatif untuk Windows atau macOS?

Anda beruntung ... ada pilihan seperti itu. Linux adalah sistem operasi open source yang sudah ada sejak akhir tahun sembilan puluhan dan siap bagi Anda untuk beralih. Tetapi mengapa Anda harus? Berikut adalah semua alasan Anda perlu bermigrasi dari solusi berpemilik ke alternatif yang lebih terbuka dan gratis.

1#. Linux open source (gratis)
penegertian linux
linux gratis
Ketika anda ingin menginstak windows ori anda tentu akan membeli atau membayar untuk membeli lisensinya, Namun berbeda dengan menggunakan linux anda akan mendownload secara gratis dan slalu update secara berkala. Dan ketika anda ingin menginstal Ms Ofice, Photoshop, Corel, dan masih banyak lainya anda harus membayarnya dan jika di linux anda tidak akan di minta membayarnya. Mencari alternatif Photoshop gratis? Coba GIMP . Dan ketika tiba saatnya untuk meningkatkan distribusi Linux Anda, itu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun ... pernah. Hampir setiap distribusi Linux tidak dikenai biaya.

2#. Linux Itu Sangat Flexibel
linux lebih flexible
linux lebih flexible
Jika Anda telah menggunakan Windows atau macOS cukup lama, Anda tahu itu jalan mereka atau jalan raya. Ada sedikit penyesuaian yang harus dilakukan, di luar tema di sini atau wallpaper di sana. Bagi siapa pun yang suka bekerja dengan cara yang lebih unik, itu tidak cukup. Untungnya, Linux memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem operasi untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan sempurna. Tidak suka desktop GNOME? Gunakan KDE. Tidak suka tampilan dan nuansa GNOME, ubahlah dengan Extensions. Tidak suka di mana Xfce Panel tinggal? Pindahkan itu. Kustomisasi yang dapat Anda lakukan hampir tidak terbatas. Dan banyak dari penyesuaian ini sangat mudah untuk dikelola (jadi Anda tidak harus menjadi pengguna Linux hard-core untuk melakukannya). Pada akhirnya, Anda bisa bekerja persis seperti yang Anda inginkan, bukan bagaimana Apple atau Microsoft berpikir Anda harus bekerja.

3#. Lebih Aman
linux lebih flexible
lebih aman
Secara desain, Linux jauh lebih aman daripada Windows atau macOS. Kemungkinan Anda akan mengalami virus, malware, ransomware secara eksponensial lebih sedikit dengan Linux. Ini saja yang membuat Anda ingin bermigrasi dari sistem operasi Anda saat ini. Banyak pakar percaya alasannya adalah karena Linux tidak ditargetkan sebanyak Windows atau macOS karena pangsa pasar. Namun, penggunaan Linux tersebar luas di kalangan bisnis tingkat perusahaan. Tempat-tempat seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Google semuanya bergantung pada Linux. Namun, Anda jarang mendengar tentang server dan sistem perusahaan yang diretas (akun pengguna sama sekali binatang buas). Pengguna Linux pergi puluhan tahun tanpa menderita satu masalah keamanan. Apakah itu berarti mereka tidak ada? Tidak. Apa artinya adalah bahwa Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah keamanan dengan Linux daripada Anda dengan Windows atau macOS. Ingat, tidak ada sistem operasi yang 100% aman. Karena itu, Anda masih perlu menggunakan PC dengan bijak.

4#. Lebih Handal
  linux lebih handal
linux lebih handal
Linux hanya berfungsi. Periode Ini adalah kesempatan yang sangat, sangat jarang Linux crash. Sekalipun aplikasi macet, peluangnya untuk mengunci seluruh sistem Anda (seperti halnya Windows) tipis. Lebih baik lagi, jika itu benar-benar terjadi, adalah mungkin untuk menggunakan apa yang disebut konsol virtual (atau terminal) dan menutup aplikasi yang menyinggung dari baris perintah. Setelah menutup aplikasi yang macet, Anda bisa mendapatkan kembali kendali atas desktop Anda. Anda tidak dapat melakukan ini di Windows. Bahkan dengan kemampuan itu, aplikasi di Linux sangat solid dan jarang macet. Ucapkan selamat tinggal pada Blue Screen of Death itu.

5#. Linux Ramah Pengguna
Kembali di akhir tahun sembilan puluhan dan awal 2000-an, Linux adalah tantangan yang cukup untuk menginstal dan menggunakan. Hanya para geek uber yang mampu mengklaimnya sebagai milik mereka. Jika Anda tidak mempelajari ilmu komputer, kemungkinan Anda berhasil menggunakan Linux dengan banyak keberhasilan tidak mungkin. Saat itu; ini sekarang. Sistem operasi Linux modern mudah dipasang di komputer desktop atau laptop karena aplikasi mudah dipasang di Windows atau macOS. Semuanya point dan klik dengan sedikit keterampilan yang dibutuhkan. Siapa pun dapat menginstal dan suka dengan Linux Ubuntu , Linux Mint , Elementary OS , atau Deepin Linux . Dan menggunakan Linux modern telah menjadi sesederhana menunjuk dan mengklik mouse.

6#. Linux Kompiteble Dengan Perangkat Keras Lama

Dengan Windows dan macOS, Anda mungkin merasa terpaksa membeli perangkat keras baru setiap kali Anda memutakhirkan ke versi baru dari sistem operasi. Ini disebut keusangan terencana. Anda tidak akan menemukannya dengan Linux. Bahkan, ada sejumlah besar distribusi Linux yang dirancang khusus untuk berjalan dengan baik pada perangkat keras lama. Distribusi seperti Peppermint OS , Lubuntu , Linux Lite , dan Bodhi Linux semuanya berjalan sangat baik pada perangkat keras yang menua. Itu berarti Anda tidak hanya menghemat uang, Anda juga menyelamatkan lingkungan (dengan tidak harus membuang perangkat keras komputer setiap dua atau tiga tahun).

7#. Linux Mudah di Tingkatkan

Berbicara tentang peningkatan ... setiap kali Anda memulai (atau me-restart) Windows, dan Anda melihat layar pembaruan itu, apakah Anda menemukan diri Anda menyilangkan jari, berharap pembaruan itu tidak akan membuat komputer Anda bertekuk lutut secara metaforis? Dengan Linux, pembaharuan sistem tidak menyakitkan. Dan tidak seperti Windows, yang sepertinya Anda harus melakukan reboot setiap kali satu aplikasi ditingkatkan, Linux hanya perlu melakukan reboot jika kernel ditingkatkan. Setiap aplikasi, daemon, dan layanan dapat memutakhirkan pada mesin Linux Anda dan Anda tidak perlu melakukan boot ulang. Mesin Linux terkenal untuk menjalankan tahun tanpa reboot. Dan dengan teknologi seperti livepatch Ubuntu , bahkan peningkatan kernel tidak akan memaksa mesin Anda untuk reboot.

8#. Dukungan Linux Mudah Di temukan

Jika Anda mengalami masalah di Linux, di mana Anda berpaling? Untungnya, ada banyak forum online, grup, dan milis yang didedikasikan untuk membantu pengguna memecahkan masalah, tidak ada yang akan dikenakan biaya sepeser pun. Situs-situs seperti Ask Ubuntu , Linux Mint Forums , dan Ask Fedora adalah tempat yang bagus untuk memulai. Bahkan, hampir setiap distribusi Linux menawarkan formulir bantuan atau milis yang didedikasikan untuk pengguna yang saling memecahkan masalah. Dan karena komunitas ini didedikasikan untuk open source (dan penyebaran Linux), forum-forum tersebut umumnya sangat ramah dan membantu.

9#. Banyak Turunan
Dalam linux juga banyak turunan sistem operasinya, ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencob menggunakan linux anda dapat mencoba menggunakan linux mint jika anda ingin belajar linux. Dalam linux memang sangat banyak turunan nya ada Ubunt, Linux munt, debian, Kali linux Nah oleh karna itu jika anda ingin mencoba silahkan anda mencona linux mint karna os ini lebih ringan dan tampilan yang hampir menyerupai windows

0 komentar

Posting Komentar