7 Cara Mengatasi Kursor Tiba-tiba Hilang

kursor hilang saat instal ulang
kursor hilang saat instal ulang
Masalah kursor hilang memang sering terjadi saat akan di instal ulang dan saat setelah instal ulang bahkan di beberapa kassu kursor bisa hilang secara tiba-tiba ya tidak lain hilang karna disk C tempat pengolahan system yang sudah terinpeksi Virus. Namun masah ini sering terjadi ketika hendak akan menginstal ulang laptop dengan Os Windows saja.

Untuk mengatasi kursor hilang saat akan di install ulang kita harus menentukan terlebih dahhulu Trpubleshoting nya terlebiih dahulu. Contohnya dengan melihat seri laptop dan Ram yang kita miliki apakah bisa di instal dengan os windows10 maupun windows 8, Ini penting mengapa? Laptop jadul kebanyakan masih tidak support dengan os windows 10. Maka Dari itu silahkan anda cari seri laptop anda apakah bisa di instal dengan windows yang di inginkan.

Oke nggak usah lama -lama yuk kita liat troubleshotingnya terlebih dahulu
1. Osnya bermasalah
Os bermasalah bisa jadi ni gan kenapa? ini masalah yang paling sering terjadi saat akan menginstal ulang taunya os nya sudah rusak, Kenapa kok bisa rusak gan? Os yang sudah lama anda simpan di komputer anda adalah sebab os anda menjadi rusak apalagi os yang akan di buat bortable itu tidak di buat dengan extensi Winrar yang pasti mudah kenak virusnya. Masalah yang kedua anda download lewat web yang sudah memasukan virus di osnya. Namun saya juga pernah mengalami begini ane buat lagi boortable tapi dengan menggunakan Rufus, cara membuat iso linux, windows dengan Rufus gampang

Cara Mengatasinya:
Cara yang pertama untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan mengganti osnya dengan os yang lain. and juga dapat mendownload os nya melalui web resmi dari microsoft langsung.

2. Enable touchpad di setingan bios
Di laptop dengan tipe baru biasanya menyediakan setingan untuk mengaktifkan toucpad anda dengan cara menyeting melalui bios caraya juga gampang masuk menu bios lalu cari di bagian touchpad, saya tidak bisa memastikan di bagian mana touchpadnya karna beda seri beda letak dan tempatnya, Kalau sudah ketuemu tinggal di enabelkan saja

3. Testing Menggunakan Linux Live

Silah juga anda coba cara ini jika anda sudah mengganti os namun masih juga kursor tidak mau di gerakan, silahkan adnda membuat boortable linux os bebas mau menggunakan turunan yang mana lalu guinakan linux live saja udan jalankan. Setelah anda jalankan lihat linux os lihat apakah kursor bisa di gerakan? Untuk masalah laptop yang kemarin saya benahin ketika menggunakan windows tidak muncul kursornya namun ketika saya menggunakan linux kursor keluar. Ini menunjukan bahwasanya Osnya yang bermasalah. Namun jika kursor anda juga tidak bisa di gerakan bisa di pastikan laptop anda sedang bermaslaah di bagian hardwarenya.

4. Lakukan Instal ulang dengan menggunakan mouse
Langkah selanjut anda masih bisa menginstal menggunkan mouse jika langkah di atas memang masih belum berhasil lakukan instal dengan menggunakan mouse sebgai alat bantu. dan setelah selesai menginstal langsung anda download semua driver yang berhubungan dengan seri laptop anda silahkan anda download Driver Toucpad I/O dan Instal Jika Tidak mau repot anda bisa mengggunakan driver pack solution.  Namun jika Driver pack bermasalah anda dapat melihat. 

5. Update Bios
Langkah Terakhir adalah dengan meng upgrade bios di seri laptop anda, Terdengar extream ya kali gan hehehe, enggak kok kalau langkah semuanya udah di coba nggak berhasil nggak ada salahnya juga anda mengupdate biosnya karna di seri laptop lama setingan untuk men enablekan touchpad di bios masih belom ada silahkan anda upgrade bios anda dengan seri terbaru.

Catatan:
Mengupgrade bios sangat memiliki resiko tinggi karna itu langsung berhubungan dengan hardware saya sangat menyarankan mengupgrade bios jangan langsung ke versi terbarunya anda harus meng upgrade secara berkala contohnya kalau anda sekarang menggunakan versi bios V1.0 silahkan upgrade V1.2. dan jika anda ragu dalam mengupgrde silahkan tidak ada salahnya anda bawa ke service center laptop anda karna kalau di service senter mereka akan bertanggung jawab penu.

Oke gan Sekian dari tutorial hari ini dari pengalaman di atas saya dapat menyimpulkan bahwasanya kalau sudah saya coba cara di atas termsuk membongkar laptop dan melihat apakah ada kabel yang terjepit juga tidak bisa. Saya sangat menyarankan untuk membawanya ke service center, Karna ada kemungkinan jika semua cara di atas tidak work sudah bisa di pastikan touchpad anda rusak.

0 komentar

Posting Komentar