Untuk Apa sih Router Mikrotik Ini?

Ini pertanyaan yang sering di jumpai dalam jaringan komputer, Karna kadang di antara kita tidak banya orang yang menggunakan router mikrotik secara manual. router itu adalah perangkat sebuah jaringan yang paling pintar, Karna memiliki banyak peran dalam jaringan komputer. selain itu router mikrotik juga banyak memiliki fitur yang cukup banyak membantu dalam jaringan komputer. Nah jadi mimin sangat tertarik memberikan sedikit ilmu tentang memberikan beberapa contoh implemenasi router mikrotik di lapangan, dan contoh contoh inilah yang sering di terapkan.

Sebagai Internet Gateway Bagi Lan
Peran yang pertama dan paling banyak dimainkan oleh Router Mikrotik ya Sebagai Internet Gateway Bagi Lan. Untuk topologinya anda dapat melihat gambar di bawah, Dimana router itu ditempatkan di antara jaringan lokal di sebuah perusahaan. 
Router Mikrotik sebagai internet gateway di lan
Router Mikrotik juga Dapat berperan sebagai penghubung internet, dan juga sekaligus mengatur lalu lintas internet baik itu kaluar maupun masuk dalam jaringan lokal tersebut.

Router MikroTik akan mampu menyaring apa saja yang boleh di akses di Internet, dan apa saja yang tidak boleh ini kita sendiri dapat menyeting ataupun mengatur sesuai apa yang kita inginkan. Router MikroTik akan mampu memblokir web site tertentu jika diinginkan. Router MikroTik juga akan mampu membagi besaran bandwidth Internet kepada komputer user jika di inginkan, sehingga tidak ada user yang merasa lambat mengakses Internet karena adanya monopoli user lain yang sedang mendownload file-file besar.

Sebagai Accesst Point
Memang tidak semua router mikrotik dapat sebagai accest point namun beberapa Router Mikrotik juga sudah di lengkapin dengan fitur accest point dengan interfaces wireless, sehingga dapat berfungsi sebagai accest point pada jaringan wireles atau (wifi). Jadi anda dapat mnggunaakan fitur ini dengan mengguankan untuk bersekala kecil saja, sebagai contoh untuk Hotspot cafee, sekolah, rt/rw net, kontrakan maupun di kantor.

Untuk itu ketika membeli alat Router Mikrotik anda dapat mensesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Berikut ini gambar di bawah menjelaskan Router mikrotik sebagai hotspot dengan skala kecil dengan menyambungkan ISP (internet service provider)
 wireless rotuter sebagai accest point
wireless rotuter sebagai accest point
Sebagai Intermediary Device (Routing)
Dari sedikit fungsi di atas fungsi yang ketiga inilah yang sebenernya yang bisa di katakan fungsi utama router, yaitu menghubungkan beberapa network dan berusaha untuk menentukan jalur terbaik untuk menuju komputer yang di tuju. untuk lebih jelasnya anda dapat melihat topologi di bawah ini yang memperlohatkan router ini adalah sebagai penghubung atau penjembatai di anatara kantor kantor cabang agar saling dapat bertukar data mapun berbagi data.
contoh gambar routing antar kantor cabang
contoh gambar routing antar kantor cabang
Selain itu Router Mikrotik juga akan memilihkan jalur yang terbaik untuk ke kantor pusat. selain itu router juga memiliki peran yang lainya seperti: bisa menjadi VPN server, Authenticarion Server, Bridge dan lain-lain.

Untuk materi ini nantinya akan saya tuntaskan sampai dengan konfigurasi namun untuk materi lain sedang dalam proses penulisan trimakasih...

0 komentar

Posting Komentar