Perintah Pada Router Mikrotik

gambar router mikrotik
gambar router mikrotik
Penjelasan
Mikrotik RouterOs akan memberikan nama diinterfaces ethernet ether1. ether2 sampai dengan ether5, sedangkan untuk nama wirelesnya wlan1. Sebelum membaca artikel di bawah ada baiknya anda membaca artikel dasar Untuk Apa sih Router Mikrotik Ini? 

Perintah Pada Router
Dalam Router Mikrotik dalam konfigurasinya anda dapat menggunakan perintah-perintah CLI (Command line Interfaces).  Untuk mengkonfigurasi Router Mikrotik anda dapat melakukan melalui aplikasi Winbox serta dapat melalui web browser. Untuk mengkonfigurasi Router Mikrotik ini secara garis besar anda hanya perlu mengkonfigurasi sesaui perintah, apalgi jika anda sudah menguasai modal mikrotik lalu apa itu modal mikrotik, berikut saya akan jabarkan untuk menguasai mikrotik anda juga harus memiliki sedikit modal:
  • Dasar jaringan
Untuk pengetahuan dasar jaringan ini anda harus sedikit menguasai, anda sudah isa membuat jaringan LAN biasa untuk kepentingan sharing data maupun printer. Lalu anda juga sudah mengerti pengkabelan lan maupun IP addres, untuk di bagian ip addres ini sendiri anda anda sebaiknya sedikit memahami penggunaan prefix “/”
  • Pengujian Jaringan
Penguji Jaringan dalam arti anda bisa mengguankan tool ping untuk melihat apakah sudah tekonek dengan jaringan atau belum
  • TCP/IP Fundamental
bagian inilah yang sering kita lupakan atau tepatnya malas kita mempelajarinya. Saya bisa memakluminya karena mempelajari teori yang ada di TCP/IP sangatlah menguras pikiran. sebenarnya manfaat yang nantinya akan Anda dapatkan sangatlah besar pada saat akan terjun di lapangan. Pada TCP/IP Fundamental, paling tidak Anda mengetahui tujuan penggunaan port number (source pot maupun destination port). Anda juga sebaiknya mengetahui  penggunaan protokol TCP, UDP, maupun ICMP

Itulah tadi di atas yang setidaknya anda harus kuasai lalu apakah dasar di atas penting lalu bagaimana jika langsung mempelajari Konfigurasi Mikrotik ini?
Boleh saja anda langsung mempelajari Konfigurasi pada mikrotik ini namun alangkah baik nya jika anda bisa meluangkan waktu men flasback materi dasar yang di perlukan untuk memahami konfigurasi pada mikrotik ini. Tentu anda nanti juga akan kebingun karna banyak istilah istilah dalam menkonfigurasi seperti ip add, ethernet, masquarade dan masih banyak lainya

Oke lanjut ke Perintah Router Mikrotik Jika ada uraian seperti berikut ini:
[admin@Mikrotik] > ip firewall nat add chain=srcnat                            \
src-address=10.10.20.0/24 action=masquerade

jika anda menemukan tanda "\" yang mempunyai arti bahwa perintah tersebut bersambung ke bawanya jadi perintah di atas sebenarnya adalah berikut:
ip firewall nat add chain=srcnat src-address=10.10.20.0/24 action=masquerade


0 komentar

Posting Komentar