Cara Mengatasi Flashdisk Yang Rusak Dengan Linux Ubuntu (gampang)

Cara Memperbaiki Flash Disk Menggunakan Ubuntu yang salah satu distro dari linux. Masalah ini biasanya untuk memperbaiki flashdisk yang sedang rusak atau permasalahan lainya..

Masalahnya adalah bahwa sementara drive mungkin memiliki beberapa partisi aneh terjadi atau ukuran blok dilaporkan salah ketika Anda membuka GParted atau Anda mendapatkan kesalahan aneh ketika menjalankan Disk Utility dalam Ubuntu, flash disk tidak benar-benar rusak. Hanya sedikit bingung dalam membacanya .

Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara mendapatkan flash disk anda kembali  ke keadaan di mana Anda dapat mengaksesnya lagi dari GParted atau Ubuntu Disk Utility tanpa mendapatkan kesalahan. langsung saja berikut caranya:

Kesalahan
Kesalahan umum yang akan Anda dapatkan pada Flash Disk, terutama jika Anda telah menginstal Linux untuk itu baik menggunakan Perintah DD atau alat Windows seperti Win32 Disk Imager adalah bahwa meskipun drive ukuran tertentu (misalnya 16 gigabyte) Anda hanya dapat melihat satu partisi yang jauh lebih kecil atau Disk Utility dan GParted menunjukkan pesan yang menyatakan bahwa Anda memiliki ukuran blok yang salah.

Langkah-langkah berikut akan membantu memperbaiki Flash Disk Anda.
1. Install Gparted
Secara default, GParted tidak diinstal di dalam sistem operasi Ubuntu jadi kita harus menginstall terlebih dahulu.

Anda dapat menginstal GParted dalam beberapa cara tetapi yang paling mudah adalah menjalankan perintah berikut di terminal Linux namun anda harus mempunyai koneksi jaringan: 
sudo apt-get install gparted

2. Jalankan Gparted
Cari Gparted di menu atau anda dapat menekan tombol Windows lalu ketukan di pencarian GParted dan klik ikonya untuk menjalankan. 


3. Buat Tabel Partisi di Gparted

Anda sekarang harus melihat area luas ruang atau free space ruang yang masih kosong.
Untuk membuat tabel partisi pilih menu "Device" dan kemudian "Create Partition Table".

Sebuah menu akan muncul yang menyatakan semua data akan terhapus.
Biarkan tipe partisi sebagai "msdos" dan klik "apply".

4. Buat Partisi
Langkah terakhir adalah membuat partisi baru.
Klik kanan pada ruang yang tidak terisi dan klik "New".
Dua bidang kunci di kotak yang muncul adalah "File System" dan "Label" Jika Anda hanya akan menggunakan Flash Disk dengan Linux maka Anda dapat meninggalkan sistem file default sebagai "EXT4" tetapi jika Anda berencana untuk menggunakannya di Windows juga kemudian mengubah sistem file menjadi "FAT32". Masukkan nama descriptive ke bidang label.

Terakhir, klik ikon panah hijau di toolbar untuk menerapkan perubahan.
Pesan lain akan muncul menanyakan apakah Anda yakin ingin melanjutkan karena data akan hilang (whether you are sure you wish to continue as data will be lost). Tentu saja pada saat Anda sampai pada titik ini, data apa pun yang dulu ada di drive itu sudah benar-benar hilang dan terformat.
Lalu Klik "Apply".

Jika sudah mengikuti cara di atas silahkan di coba copot dan masukan kembali flshdisk anda, dan pastikan flashdisk anda sudah normal dengan baik, Namun jika masi ada kesalahan atau masih rusak langkah terakhirnya adalah:

Buka jendela terminal dengan menekan CTRL, ALT, dan T pada saat yang bersamaan. Atau, tekan tombol Windows pada keyboard (tombol Windows) dan cari "TERM" di kotak pencarian Dask Ubuntu . Ketika ikon muncul klik di atasnya.


Di terminal masukkan perintah berikut:

dd if = / dev / nol = / dev / sdb bs = 2048


Perintah Ini akan menghapus semua data dan semua partisi dari Flahdisk anda.

Perintah akan memakan waktu cukup lama untuk dijalankan karena ini adalah format tingkat rendah dari drive. (tergantung pada ukuran drive mungkin diperlukan beberapa jam)

Ketika perintah dd finished, ulangi langkah 2 hingga 4. Semoga berhasil









0 komentar

Posting Komentar