Cara Mengatasi Eror 'PXE-E61: Periksa Kabel windows


Pernah menagalami PXE-E2.1 dengan singkatan Preboot eXecution Environment (PXE) yang tertancap di beberapa motherboard. PXE adalah mode boot khusus yang memungkinkan komputer mencari dan memuat sistem operasi yang dapat di-boot melalui jaringan, bukan dari hard drive lokal.

Kesalahan ini sering kita jumpai di berbagai komputer dan sangat jarang di temui dalam laptop  PXE-E61 di komputer yang secara tidak sengaja mencoba mem-boot ke perangkat jaringan padahal sebenarnya tidak ada. Biasanya ini sering disebabkan oleh pengaturan yang salah dalam BIOS tetapi bisa disebabkan oleh hard drive yang gagal mengalami boot.

Beberapa  kesalahan paling umum yang terkait dengan PXE:

PXE-E61: Kegagalan tes media, periksa kabel seperti kabel keboard dan lain-lain
PXE-M0F: Keluar dari Intel PXE ROM.
PXE-M0F: Keluar dari Agen Boot Intel.
No Boot Device Found.
Tekan sembarang tombol untuk mereboot atau merestar mesin.

Kesalahan PXE-E61 terlihat sebelum komputer dihidupkan saat dalam booting windows, seringkali dalam teks putih pada latar belakang hitam, dan biasanya dengan teks tambahan ditampilkan di atas kesalahan ini sangat sering kita jumpai.

baca juga  Apa itu Windows 10 S? Apakah Sama dengan Windows 10 Lainya?

Bagaimana Memperbaiki Kesalahan PXE-E61
1. Ubah urutan boot di BIOS untuk boot dari hard drive sebagai ganti jaringan. Ini akan memaksa BIOS untuk mencari sistem operasi yang diinstal pada hard drive lokal, yang merupakan cara sebagian besar komputer diatur. Cobalah yang terbaik untuk menyelesaikan langkah ini. Mengubah urutan boot untuk menggunakan hard drive pertama akan mencegah komputer mencoba untuk boot ke jaringan dan harus mencegah pesan kesalahan terkait PXE.

2. Akses BIOS dan pastikan ia dapat mendeteksi hard drive. Anda mungkin melihat kesalahan PXE-E61 jika komputer mencoba mem-boot ke hard drive yang tidak berfungsi atau terputus. coba masuk pada menu bios biasanya dengan menekan tombol del, atau f2 carilah tombol bios dan ubah  urutan hardisk anda ke atas dengan menekan F6.

3. Temukan menu Boot dan pastikan layar Boot Drive Order (atau yang namanya sama) menunjukkan hard drive dan tidak membaca "No Boot Drive." Jika BIOS tidak mendeteksi hard drive, matikan komputer, buka casing komputer, dan pastikan kabel HDD terpasang dengan benar.
Catatan: Jika kabel tersambung dengan aman dan hard drive masih tidak terdeteksi, Anda mungkin perlu mengganti hard drive atau memasukan hardrive anda pada pc lain sebagai pengetes saja.

4. Periksa ulang juga apakah urutan boot dikonfigurasi untuk boot dari USB, bahwa perangkat sepenuhnya terhubung, dan bahwa port USB tidak dapat disalahkan - coba pindahkan perangkat ke
Hapus CMOS untuk mengatur ulang BIOS. Jika kesalahan PXE-E61 disebabkan oleh pengaturan BIOS yang salah dikonfigurasi, pengaturan ulang BIOS ke opsi defaultnya semoga akan menghapus kesalahan.

0 komentar

Posting Komentar