7 Hal Yang Harus Kamu Ketehaui Tentang SSD (Solid State)

ssid
cara memilih penyimpanan Solid State
Apa itu Solid State (SSID) ?
Solid state adalah istilah yang mengacu pada sirkuit elektronik yang dibangun sepenuhnya dari semikonduktor . Istilah ini awalnya digunakan untuk mendefinisikan elektronik tersebut seperti radio transistor yang menggunakan semikonduktor daripada tabung vakum dalam konstruksinya. Hampir semua elektronik yang kita miliki saat ini dibangun di sekitar semikonduktor dan chip. Dalam hal SSD, ini mengacu pada fakta bahwa media penyimpanan primer adalah melalui semikonduktor daripada media magnetik seperti hard drive.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, Penyimpanan atau hardisk juga mengalami perkembangan seperti sekarang ini yang sebagian orang beralih menggunakan SSD yang memiliki kemampuan jauh lebih baik di bandingkan hardisk.

Entah itu lebih banyak ruang untuk menyimpan gambar, video, permainan atau dokumen, penyimpanan adalah realitas yang harus dihadapi orang-orang di dunia yang dikendalikan media saat ini kecuali mereka, baik.

Ketika anda ingin membeli SSD atau Solid State anda juga harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari Solid State selain itu anda juga harus mengetahui harga den seri apa yang dapat mempunyai keawetan yang yang tahan lama.

Lalu cocoknya SSD buat pemakaian yang bagaimana? SSD merupakan pengembangan dari hardisk jadi jika anda kelebihan nya iyalah bentuk yang minimalis dan kecepatan transfer yang sangat cepat di bandingkan hardisk biasa. Jadi biasanya Solid state ini bisanya sangat cocok untuk Mining/ Penambang bit coint, Server jaringan, Komputer server lainya.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk memikirkan untuk membantu membuat keputusan Anda sedikit lebih mudah dalam memilih serta apakah harus membelinya.

1.  Harga Dan Biaya
Solid State
Solid State
Seperti kebanyakan kasus dengan teknologi baru vs lama, hardisk akan jauh lebih murah dari pada hard disk solid state. Anda bisa mendapatkan hardisk eksternal 1TB kurang dari 1Jta, kadang-kadang hanya 500Rbu saja sudah dapat, . Hard disk solid state yang sama dapat berharga empat hingga delapan kali lipat dari harsdisk, meskipun harga telah turun dalam beberapa tahun terakhir. Mahalnya harga ssd membuat berbagai orang berfikir kembali untuk membelinya.

2. Mengapa Menggunakan Solid State Drive?
Solid state drive memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan hard drive magnetik. Mayoritas ini berasal dari fakta bahwa drive tidak memiliki bagian yang bergerak. Sementara drive tradisional memiliki motor penggerak untuk memutar piring-piring magnetik dan kepala drive, semua penyimpanan pada solid state drive ditangani oleh chip memori flash. Ini memberikan tiga keuntungan berbeda:
  • Lebih Sedikit Penggunaan Daya
  • Akses Data Lebih Cepat
  • Keandalan Tinggi

Sekarang, industri telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi ini dengan hardisk/hardrive yang berputar seperti cd dan pengembangan , tetapi keduanya masih menggunakan lebih banyak kekuatan. Solid state drive akan secara konsisten menghasilkan daya yang lebih kecil daripada hard drive tradisional dan hibrida.

Akses data yang lebih cepat akan membuat sejumlah orang senang. Karena drive tidak harus berputar piring drive atau kepala drive bergerak, data dapat dibaca dari drive dekat langsung. Hard drive hibrida memang cenderung mengurangi aspek kecepatan ketika datang ke drive yang sering digunakan. Demikian pula, Smart Response Technology Intel yang baru adalah metode caching yang serupa pada hard disk solid state kecil untuk menghasilkan hasil yang serupa.


3. Mengapa SSD Tidak Digunakan Untuk Semua PC?

Seperti kebanyakan teknologi komputer, faktor pembatas utama menggunakan hard disk solid-state di laptop dan komputer desktop adalah biaya. biaya yang jauh lebih mahal di bandingkan dengan hardisk biasa.

Serta Kapasitas juga merupakan faktor utama dalam pengadopsian drive solid-state. Komputer laptop rata-rata dilengkapi dengan SSD akan memiliki sekitar 128 hingga 512GB penyimpanan. Ini kira-kira setara dengan apa yang laptop beberapa tahun yang lalu dengan drive magnetik dilengkapi dengan. Saat ini, laptop dapat menampilkan 1TB atau lebih penyimpanan dengan hard drive.

4.  Daya tahan baterai
Untuk daya tahan batrai lebih di unggulkan jika menggunakan solid state atau SSD  mengingat solid state ini sudah di kembangkan dari hardisk maka solid state ini juga tahan dan awet untuk pengambilan daya, yang sangat cocok untuk laptop yang slalu di bawa kemana saja.

5. Daya tahan
Berkat kurangnya bagian yang bergerak dalam solid state yang di bandingkan hardisk yang menggunakan piringan yang terlalu sensitive, solid-state drive dapat menahan lebih banyak penyalah gunaan melalui tetes dan suhu ekstrim dari pada hardisk.

Ketahanan terutama merupakan faktor untuk penyimpanan eksternal, terutama untuk penggemar di luar rumah atau fotografer dan videografer


6. Kapasitas
Hard drive tradisional menyediakan lebih banyak pilihan ketika datang ke kapasitas, setidaknya dalam hal biaya. Anda bisa mendapatkan hard drive yang cukup gemuk dengan mudah, sementara SSD bisa lebih sulit untuk mendapatkan ukuran yang lebih besar atau setidaknya akan menghabiskan banyak uang di ujung atas skala kapasitas. 

Pilih HDD VS SSD
Setelah mengetahui apa itu ssd anda sudah dapat menyimpulkan tantunya, Lalu pilih mana antara SSD atau hardisk jawabanya sesuaikan dengan kebutuhan, mengapa? ya mengingat ssd itu harganya 2x lipat di banding hdd dan kapasitas penyimpanan yang sangat kecil di banndingkan hardisk biasa. Namun jika anda ingin membeli SSD sesuaikan kebutuhan seperti untuk mining, server, lalu hanya untuk menjalankan sistem operasi agar lebih cepat.

0 komentar

Posting Komentar