Pengertian Dan Perbedaan Wifi Dengan WEP WPA WPA2-TKIP WPA2-AES

pengertian keamanan wpa2 jaringan komputer
Mengamankan jaringan Wifi rumah Anda merupakan langkah penting untuk mencegah peretas atau hacker. Di sebagian besar rumah, router berdiri di antara pengguna di rumah dan orang-orang yang akan mencegat data mereka untuk tujuan jahat. Namun, cukup mencolokkan router tidak cukup untuk mengamankan jaringan nirkabel Anda. Anda memerlukan kunci nirkabel untuk router dan untuk semua perangkat di rumah Anda yang menggunakan router. Kunci nirkabel adalah jenis kata sandi yang umum digunakan pada jaringan komputer nirkabel Wi-Fi untuk meningkatkan keamanannya.

Kunci WEP, WPA dan WPA2
Wi-Fi Protected Access (WPA) adalah standar keamanan utama yang digunakan pada jaringan Wi-Fi. Standar WPA asli diperkenalkan pada tahun 1999, menggantikan standar yang lebih tua yang disebut Wired Equivalent Privacy (WEP). Versi terbaru WPA yang disebut WPA2 muncul pada tahun 2004. 

Semua standar ini termasuk dukungan untuk enkripsi, yang merupakan kemampuan untuk mengacak data yang dikirim melalui koneksi nirkabel sehingga tidak mudah dipahami oleh pihak luar. Enkripsi jaringan nirkabel menggunakan teknik matematika berdasarkan angka acak yang dihasilkan komputer. WEP menggunakan skema enkripsi yang disebut RC4, yang diganti oleh WPA asli dengan Protokol Integritas Kunci Temporer (TKIP). Baik RC4 dan TKIP yang digunakan oleh Wi-Fi akhirnya dikompromikan sebagai peneliti keamanan menemukan kelemahan dalam implementasinya yang dapat dengan mudah dieksploitasi oleh penyerang. WPA2 memperkenalkan Advanced Encryption Standard (AES) sebagai pengganti TKIP. RC4, TKIP, dan AES semuanya menggunakan kunci nirkabel dengan panjang yang bervariasi. Kunci-kunci nirkabel ini adalah angka heksadesimal yang panjangnya bervariasi — biasanya antara 128 dan 256 bit — bergantung pada metode enkripsi yang digunakan. Setiap digit heksadesimal mewakili empat bit kunci. Sebagai contoh, kunci 128-bit dapat ditulis sebagai angka hex 32 digit.
Passphrases vs. Keys
Passphrase adalah kata sandi yang terkait dengan kunci Wi-Fi. Passphrases bisa menjadi minimum delapan dan maksimal hingga 63 karakter. Setiap karakter dapat berupa huruf besar, huruf kecil, angka, atau simbol. Perangkat Wi-Fi secara otomatis mengkonversi passphrase dengan panjang yang bervariasi menjadi kunci heksadesimal dari panjang yang diperlukan. 


Menggunakan Tombol Nirkabel 
Untuk menggunakan kunci nirkabel pada jaringan rumah, Gunakan administrator terlebih dahulu mengaktifkan metode keamanan pada router broadband. Router rumah menawarkan pilihan tingkat keamanan di antara beberapa opsi yang biasanya termasuk WEP WPA WPA2-TKIP WPA2-AES Di antaranya, WPA2-AES harus digunakan kapan pun memungkinkan. Semua perangkat yang terhubung ke router harus diatur untuk menggunakan opsi yang sama dengan router, tetapi hanya peralatan Wi-Fi lama yang tidak memiliki dukungan AES. Memilih opsi juga meminta pengguna untuk memasukkan frasa sandi atau kunci. Beberapa router memungkinkan memasukkan beberapa kunci, bukan hanya satu untuk memberi administrator kontrol lebih besar dalam menambah dan menghapus perangkat dari jaringan mereka. Setiap perangkat nirkabel yang terhubung ke jaringan rumah harus diatur dengan passphrase yang sama atau set kunci pada router. Dan pasword jangan di bagikan ke pihak sembarangan.

Perbedaan Antara WPA2 vs WPA untuk Keamanan Nirkabel
Seperti namanya, WPA2 adalah versi terbaru dari teknologi Akses Keamanan Berproteksi Nirkabel (WPA) dan teknologi kontrol akses untuk jaringan nirkabel Wi-Fi. WPA2 telah tersedia pada semua perangkat keras Wi-Fi bersertifikat sejak 2006 dan merupakan fitur opsional pada beberapa produk sebelumnya. 

WPA vs. WPA2
 Ketika WPA menggantikan teknologi WEP yang lebih tua, yang menggunakan gelombang radio yang mudah retak, ia meningkatkan keamanan WEP dengan mengacak kunci enkripsi dan memverifikasi bahwa tidak diubah selama transfer data. WPA2 semakin meningkatkan keamanan jaringan dengan penggunaan enkripsi yang lebih kuat yang disebut AES. Meskipun WPA lebih aman daripada WEP, WPA2 secara signifikan lebih aman daripada WPA dan pilihan yang jelas untuk pemilik router. WPA2 dirancang untuk meningkatkan keamanan koneksi Wi-Fi dengan mewajibkan penggunaan enkripsi nirkabel yang lebih kuat daripada WPA. Secara khusus, WPA2 tidak mengijinkan penggunaan algoritma yang disebut Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) yang diketahui memiliki lubang keamanan dan batasan. 

Pilihn mana?
Banyak perute nirkabel lama untuk jaringan asal mendukung teknologi WPA dan WPA2, dan administrator harus memilih yang mana yang akan dijalankan. WPA2 adalah pilihan yang lebih sederhana dan lebih aman. Beberapa pakar teknologi menunjukkan bahwa menggunakan WPA2 memerlukan perangkat keras Wi-Fi untuk bekerja lebih keras saat menjalankan algoritma enkripsi yang lebih canggih, yang secara teoritis dapat memperlambat kinerja keseluruhan jaringan lebih dari menjalankan WPA. Sejak diperkenalkan, teknologi WPA2 telah membuktikan nilainya dan terus direkomendasikan untuk digunakan pada jaringan rumah nirkabel. Dampak kinerja WPA2 dapat diabaikan. 

Kata sandi
Perbedaan lain antara WPA dan WPA2 adalah panjang kata sandi mereka. WPA2 mengharuskan Anda memasukkan kata sandi yang lebih panjang dari yang diperlukan WPA. Kata sandi yang dipakai bersama hanya harus dimasukkan satu kali pada perangkat yang mengakses router, tetapi itu memberikan lapisan tambahan perlindungan dari orang-orang yang akan memecahkan jaringan Anda jika mereka bisa. 

Pertimbangan Bisnis 
WPA2 hadir dalam dua versi: WPA2-Personal dan WPA2-Enterprise. Perbedaannya terletak pada kata sandi bersama yang digunakan dalam WPA2-Pribadi. Wi-Fi Korporasi tidak boleh menggunakan WPA atau WPA2-Pribadi. Versi Enterprise menghilangkan kata sandi bersama dan alih-alih memberikan kredensial unik kepada setiap karyawan dan perangkat. Ini melindungi perusahaan dari kerusakan yang dapat dilakukan oleh karyawan yang berangkat.


0 komentar

Posting Komentar