5 Penyebab Batrai laptop Cepat Bocor Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi batrai lapto yang mudah bocor
Walaupun banyak yang bilang batrai laptop tu mau awet atau enggak tergantung nasib tapi setidaknya harus tau penyebab batrai cepat bocor. Salah satu kelebihan laptop adalah mempunyai batrai yang bisa tahan hingga berjam-jam yang sangat banyak fungsinya tentunya di bandingkan dengan komputer yang memang setiap saat harus menggunkan listrik. Namun apa jadinya jika laptop yang kita punya sudah bocor batrainya yang pasti sebel dah tu sudah seperti pc aja hehehe.

Tentunya jika anda ingin mepunyai batrai yang awet yang pasti anda harus mengetahui cara perawatan batrai tersebut dan tahu apa saja penyebab batrai yang sering bocor. Untuk itu jejakinfo.com akan sedikit memberikan, apa saja penyebab batrai laptop yang cepat bocor dan cara mengatasinya:

1. Cabut Jika Batrai Sudah Mencapai 100%
Mungkin cara ini sudah banyak yang mengetahui namun sedikit menambah kan saja. Tidak semua laptop yang harus di cabut batrainya jika sudah 100%. Mengingat jaman sekarang teknologi sudah di kembangkan secara terus menerus sehingga laptop yang sekarang kebanyakan sudah lebih baik lagi batrainya seperti lebih kecil namun tidak mengurangi kapasitas batrainya.

Jadi laptop yang sekarang kebanyakan sudah mempunyai kelebihan jika daya laptop sudah terisi penuh maka laptop tersebut akan otomatis menstop daya masuk menjadi mengecilkan daya yang masuk. Tidak seperti laptop tang jaman dulu yang kalau ngecas kalau sudah penuh harus di cabut dulu kalau tidak lama kelamaan bakal bocor.


2. Jangan terlalu memaksa batrai hingga sampai mati
Jangan menggunakan laptop hingga daya sampai mati sendiri dan daya di batrai tersisa 0%, ini akan mengurangi umur batrai jika sampai tidak terisi batrainya. untuk itu jika batrai sudah di bawah 5 % silahkan mencari daya untuk mencarger kembali atau mengisi ulang.

3. Jangan terlalu sering bermain game berat
Bermain game berat juga akan mempercepat batrai laptop menjadi bocor. Hal ini di karenakan jika anda bermain game berat seperti bermain game Residen Evil maupun GTA V ini akan memakan banyak kinerja seperti ram, processor, vga yang akan menyerap daya cukup banyak dan mengakibatkan batrai cepat panas dan mudah bocor. bermainlah sewajarnya saja karna laptop tidak di peruntukan untuk game.

4. Jangan Bermain Laptop di tempat yang panas
Saat laptop di hidupkan maka semua komponen penting dalam laptop bekerja termasuk batrai, Batrai lah yang mensuplay lisrik di latop. Oleh karna itu menggunakan laptop di tempat panas sangat berisiko salah satunya batrai lebih mudah bocor dan jika terus-terusan menggunakan dalam keadaan panas juga dapat menimbulkan kebakarnya laptop serta menimbulkan kerusaka lainya seperti komponen pada laptop.

5. Terlalu Lama menyimpan laptop
Ini merupakan masalah yang sering terjadi menyimpan laptop terlalu lama namun batrai tidak terisi penuh. Perlu di kethaui di dalam laptop ada komponen C-Mos yang meskipun laptop mati laptop akan tetap mengambil daya di batrai, karna bertujuan untuk menjalan kan jam, kalender jika anda terlalu lama meninggal kan laptop maka bartai akan habis dan akan mengurangi umur batrai.
Jadi untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencopot batrai jika ingin berpergian dan laptop tidak digunakan dalam jangka waktu 1 bulan.

Baca Juga:

Setelah mengetahui beberapa penyebab batrai laptop cepat panas, langkah selanjutnya agar dapat menghindari hal di atas agar batrai laptop mempunyai umur yang maksimal. Jika batrai laptop anda sudah mengalami kobocoran tidak ada cara lain selain menggantinya.

Jika ada pertanyaan seputar komputer silahkan komentar. sekian dan trimakasih...

0 komentar

Posting Komentar