Belajar Lengkap Administrasi Server Jaringan


Administrasi yang memiliki arti jasa atau bantuan, dan di artikan dalam bahasa inggris dengan arti melayani sebaik-baiknya.
Pengertian administrasi server adalah sutu pekerjaan yang hanya di lakukan oleh admin/administrator dengan tugas sebgai pengelola jaringan, membuat suatu server sesuai yang di minta, dan langsung memonitoring jaringan dan mengamankan tranfer file dalam jaringan. Baca juga 19 Prospek Kerja Jurusan komputer
oleh karna  itu mempunyai pekerjaan administrasi server tidak lah mudah, berikut uraian administrasi server

1. Analisa Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer
    Seorang administrasi server harus mempunyai taktik dalam menganalisa kebutuhan server agar perusaan tidak merugi dan sesuai apa yang di butuhkan nantinya untuk perusahaan tersebut. berikut analisanya
 Analisa Kebutuhan
 Menganalisa kebutuhan untuk server harus di sesuaikan dengan kebutuhan.
A. server
    Server, beberapa yang bekerja berat dan ada beberapa bekerja dengan ringan, dalam hal ini dapat di manfaatkan untuk dapat meminimalisir menghemat biaya memilih server dengan kebutuhan adalah hal pertartama yang di lakukan administrasi server. Kemampuan minimal server, melliputi hardisk, ram, pernagkat IO, up time, power, clok rate CPU. kemampuan ini dapat di katakan paling rendah. Kemampuan Optimal server, komponennya meliputi Perangkat IO, Up Time, Power, RAM, Hardisk, Clock Rate CPU

B. Hardware 
     Hardware sesuaikan hardware dengan server yang di butuhkan seperti membeli router, switch,  hub server, dan lain sebagainya yang sesui dengan server.
hardware server
hardware server
C. Jumlah pengguna
    Jumlah pengguna juga termasuk dalam analisa kebutuhan. untuk jumlah pengunjung yang sedikit relatif menggunakan server yang tidak terlalu mahal namun memiliki pengunjung yang banyak memerlukan hardware yang tinggi sesuai yang di butuhkan. 

D. Skabilitas 
    Skabilitas adalah suatu struktur yang apabila tumbuh tidak diperlukan pembangunan dari awal.yang di maksudnya adalah ketika membangun sebuah server kita harus tau apakah server yang nantinya kita beli apakah masih layak untuk di gunakan masa yang mendatang.

E. pemilihan software 
    pemilihan software adalah yang juga termasuk penting mengapa? Server harus mampu menghadapi jutaan pengguna atau user yang mengaksesnya ini di perlukan software yang pas, berikut skema dalam pemilihan server Software yang di dukung oleh server, FTP, DNS, WEB, DHCP, dan lain sebagainya, cara penyajianya sebagai berikut


          Jumlah Pengguna : 1500/hari.
          Aktifitas : Unggah data, Unduh data, validasi data.
          Transaksi Data : 200 Transaksi/menit.

 F. Sistem operasi server
     Mengapa perlu sistem operasi server? karna sistem operasi server sudah di khususkan unutk ke jaringan, dengan kemampuan yang sudah di optimalkan dan sudah di bekali  keamanan yang kuat.
Menentukan sistem operasi sangat penting dalam menganalisa biaya karan dapan meminimalisir biaya keluaran, karna banyak penyersia sistem operasi seperti linux, windows, mac os namun untuk perusahaan besar meraka sering menggunakan os IRIX, AIX, HP-UX,. di dalam linux juga banyak memiliki turunan seperti ubuntu server, debian server dan lain sebagainya sedangkan di windows ada windows server 2008 dan lainya.
sistem operasi server
sistem operasi server
G. Databases
   Database adalah data yang saling berhubungan dan di simpan secara sistimatik di dalam suatu komputer dan dapat di olah yang dapat di manipulasi menggunkan perangkat lunak/software. yang artinya database ini telah difasilitasi software untuk mempermudah dalam mengaksesnya
Database
Database
2. Tugas dan Tanggung Jawab Admin Server
    Bekerja menjadi seorang administrasi server memang mempunyai banyak rintangan mempunya tanggung jawab seperti merawat server, membuat server, mengatur lalu lintas jaringan, agar dapat berkembang sesuai kebutuhan Peran penting seorang admin server dalam pengelolahan jaringan. dengan mempunyai tugas utama memperbaiki server, mengelola dan membangun server.
administrasi server
administrasi server

Selain itu menjadi administrator server harus bekerja sebaik mungkin menjaga dan mengoktimalkan server, selain itu juga jika ada masalah admin juga mendatangi server, melihat log dari sistem apakah ada yang mencurigakan, apabila ada kecurigaan langsung melakukan troubleshoting 

3. Domain Name System (DNS) Server
    Di dalam internet memiliki sistem penamaan host, yang pertama ip address dan URL (uniform resource locator). Sedangkan sebagian besar orang mengakses sebuah situs dangan url contoh url yang sering di gunakan
  • .com : contohnya (detik.com, facebook.com, youtube.com)
  • .net   : contohnya (fotografer.net)
  • .org   : contohnya (pir.org)
  • .info  : contohnya (wien.info)
sedangkan untuk yang mengakses ip itu sangat jarang mengingat itu sulit untuk menghapal ip dari setiap website. Hubungan dari url dan ip address dipetakan yang di sebut DNS. komputer lah yang berperan penting sebagai DNS yang akan meneruskan permintaan yang berupa URL. Di mana di setiap jaringan komputer pasti mempunyai host name (nama komputer/tanda pengenal) dan IP adress, singkat cara kerjanya adalah setiap client yang ingin menconnectkan dari kommputer satu ke komputer lainya, menggunakan host name, dan komputer anda langsung menghibungi DNS server yang bertujuan untuk mengecek host name yang di minta yang lalu di konversikan dalam bentuk IP address.


4. Dynamic Host Control Protocol (DHCP) Server
    Saya yakin DHCP server bukan lah hal asing di telinga anak jaringan. ya DHCP server digunakan memberikan ip address kepada pengguna/client yang memerlukan ip otomatis. cara ini yang memberikan penomoran ip secara otomatis di sebut sebagai DHCP server. Sehinggga seorang administrasi server tidak perlu menkonfigurasi secara manual.
Dalam hal ini Dhcp menggunkan lima tahap yaiutu:
  • IP Least Request
  • IP Least Offer
  • IP Lease Selection
  • IP Lease Acknowledge
  • Lease Period

5. Firewall dan Network Address Translation (NAT)
    Menjadi soerang administrasi server atau menjadi admin jaringan haruslah memahami konsep dari firewal (dinding) mengapa perlu? firewal inilah yang akan menjaga jaringan dari sengangan luar seperti hack dan virus. untuk itu anda perlu memahami dan memiliih sistem operasi yang handal dalam menangani hal di atas.
Iptables merupakan sau tools yang adaa di sistem operasi linux yang fungsinya alat untuk menyaring semua lalu lintas data baik itu yang masuk ke kompter, keluar komputer, atau hanya lalu lintas sekedar lewati kompter.
Dalam  jaringan komputer, proses Network addres translation merupakan suatu proses penulisan ulang (masquarade) pada alamat ip setelah melalui router atau firewal. Dalam jaringan NAT di menggunakan ip privat supaya dapat koneksi dengan ip public.

6. Web Server 
    Web server adalah server penyedia informasi yang dapat di lihat oleh user/pengguna internet. berikut jenis jenis web server:
    Apache Windows
    beberapa Aplikasi Apache yang berjalan di Window:
    - Apache2 triad
    - XAMPP
    - WAMPP
    Apache di Linux
    sedangkan Linux yaitu :
    - LAMPP
    - XAMPP
Sekian yang dapat saya samaikan mohon maaf jika masih ada salah dalam penyampaian, silahkan berkomentar jika ada yang di tambahkan atau ingin bertanya trimakasih

Baca Juga

0 komentar

Posting Komentar