Tips Mencegah dan Mengatasi Spyware Lalu Mengenali Dampaknya

    Spayware adalah  Virus komputer yang memang dirancang  untuk mencuri data-data pribadi milik korbannya. Data-data sensitif seperti nomorkartu kredit atau nama dan password layanan tertentu bisa dicuri oleh mereka dan digunakan untuk keperluan yang tidak bertanggung jawab.mungkin jadi ancaman yang paling dikenal, dan ditakuti, di kalangan pengguna komputer. Padahal, selain virus, masih banyak terdapat serangan lain yang kadang-kadang justru lebih membahayakan. Contohnya spyware pop up. Program jahat yang satu ini memiliki tujuan khusus yang bisa lebih mengertikan dari apa yang anda fikirkan. 

     Spyware menjadi saja lebih berbahaya karena biasanya dibuat dengan tujuan mencari uang, mencuri  data. Dan tentunya pihak-pihak jahat akan terus mencoba segala cara demi meraih keuntungan yang besar.

Berikut Dampak Dari Virus Spyware
  • Dampak spyware 
  • Gangguan kinerja komputer 
  • Munculnya iklan yang menyebalkan 
  • Keuntungan finansial bagi pembuatnya 
  • Pencurian identitas 
  • Mengambilalih kendali komputer 
Berikut beberapa komputer yang terkena Spyware
  • Kinerja Komputer yang melambat 
     Saat komputer pertama kali dinyalakan (startup) maka Windows akan menyalakan beberapa program tertentu. Biasanya yang dinyalakan adalah program-program penting yang dibutuhkan sistem. Untuk melihat apa saja program yang jalan saat pertama kali windows di hidupkan klik tombol windows + R lalu ketik masconfig lalu enter
lalu lihat di bagian stratup 
Di bagian sinilah untuk mengecek aplikasi apa saja yang jalan saat starup dan seringnya di bagian sini file-file tersebut terinfeksi sehingga membuat kinerja komputer melambat. dalam kasus infeksi spyware, komputer juga akan memanggil proses-proses milik spyware. Akibatnya, kinerja komputer kian terganggu.
Spyware, karena sifatnya yang mengumpulkan serta mengirimkan informasi, juga menyebabkan lambatnya akses jaringan Internet pada sebuah komputer. Efek ini akan sangat terasa saat terhubung ke Internet. Jika terjadi pada kompúter dalam sebuah kantor, ini bisa menyebabkan akses jaringan di seluruh kantor terganggu.
gagal beroperasinya sebuah Aplikasi, juga kerap terjadi sebagai akibat dari banyaknya spyware dalam komputer. Bahkan jika kondisinya sudah sangat parah, komputer bisa mengalami kerusakan teknis menyeluruh dan sering berhenti beroperasi tiba-tiba (ngehang).

  • Serang Windows

Kebanyakan spyware menyerang komputer yang mengginstal sistem operasi Windows. Karna sistem windows sering terkena virus.

  • Iklan yang menyebalkan 

Dampak berikutnya adalah dari iklan yang muncul secara tiba tiba di suatu website. kadang ketika browsing kita kerap masuk lain ke link iklan dan kadang kerang menyuruh kita untuk mendownload file dari website tersebut yang ternya itu adalah virus. Iklan berjenis pop-up itu memiliki beberapa ciri seperti:
  1. Iklan muncul dalam jendela terpisah,
  2. lklan muncul dalam jumlah banyak dan kerap hingga menutupi layar,
  • Pencurian identitas 
Jika komputer terinfeksi virus spyware semakin lama bersarang di komputer akan semakin merajalela. Virus ini juga dapat mencuru identitas yang ada dalam komputer kita seperti mencari indentitas kartu kredit yang pernah kita pakai di komputer tersebut.

  • Kartu kredit bobol 

Mengambil user dan pasword kartu kredit adalah salah satu tujuan dari virus spyware dan menjual nomor-nomor kartu kredit yang dikumpulkannya pada kelompok lain yang akan memanfaatkan nomor itu untuk kejahatan misal kartu kredit untuk berbelanja online. Data finansial lain yang menarik bagi spyware adalah data untuk rekening pembayaran online, terutama jasa pembayaran seperti PayPal.com atau E-Gold

  • Komputer Kehilangan kendali 
Mencuri identitas saja tidak cukup bagi spyware Program itu jika dibiarkan akan menganggap sebagai miliknya. pihak lain mengendalikan File-file dalam komputer bisa diambil oleh spyware dan disebarkan lewat Internet. File-file tersebut bisa juga dimodifikasi untuk dijadikan alat penyebaran spyware atau program jahat lainnya. Spyware juga melakukan penyadapan terhadap e-mail yang
keluar-masuk maupun komunikasi online lainnya seperti chat atau instant messenger Semua trik trik spyware yang terlihat oleh pengguna, seperti menampilkan iklan pop-up, bisa berfungsi ganda sebagai pengalih perhatian korban. Karena banyaknya iklan yang mengganggu bisa menyebabkan pengguna tak sadar kalau isi hardisk-nya pun sudah berubah, file-file tertentu mungkin hilang atau telah disalin ke lokasi lain.


Dari Mana Datangnya Spyware?
1 download file di internet
2 mengunjungi witus internet
3 instalasi program 
4 email
5 virus
6 masukin flasdisk yang sering di masukan ke dalam warnet



Berikut Beberapa Solusi Menghadapi 
1. ganti browser
Ganti browser Anda Jika Anda sekarang masih menggunakan browser Internet Explorer, browser Anda. Mengapa? Internet Explorer merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan di dunia, dan oleh karena itu ia menjadi target serangan berbagai pihak, termasuk para pembuat spyware.
Mozilla Firefox atau google chrome menjadi pilihan yang paling baik untuk menghalau spyware. Salah satunya karena dalam Firefox ada kemampuan menahan pop-up secara otomatis. Beberapa langkah pertahanan yang akan dijelaskan berikutnya juga memanfaatkan kemampuan Mozilla Firefox,




Berikut beberapa tips agar terhindar dari spyware
1. Gunakan Windows versi orisinal.
Dengan windows ori Kita akan mendapat perlindungan penuh dari microsoft baik dari virus spyware, trojan , pop up dan malware. Anda mendapatkan akses ke layanan Windows Update. Lewat layanan Windows Update, setiap bulannya Windows akan mengirimkan patch atau tambalan yang bisa digunakan untuk menutup lubang keamanan pada Windows.
Ingat, lubang keamanan bisa dimanfaatkan spyware dan
virus untuk memasuki komputer Anda. Nah Jika di komputer banyak data komputer sangat di sarankan karna harga win 10 original juga sudah murah sekarang sekitar 120 rbu saja silah kan di cari di bukalapak.com.

2. Aktifkan Update Windows otomatis.
Jika menggunakan windows ori slalu, Jangan lupa slalu menghidupkan windows updatenya.

3. Pasang anti-virus dan anti-spyware di komputer Anda.
Disarankan untuk memasang anti-spyware seperti spayware Doctor yang bisa di download di  sini ,sangat banyak di google anti spyware pilih saja yang sesuai, ada beberapa anti-virus versi gratis yang cukup handal seperti AVG Free Dan Bitdefende free. 

4. Lakukan scan rutin.
Bila perlu jadwalkan scan anti-virus dan anti-spyware seminggu sekali untuk mencari aman dan mengetahui apakah terinfeksi komputernya.

6. Gunakan browser alternatif seperti Mozilla Firefox dan Chroome.

7. Perkuat keamanan browser Anda.

8. Saat membuka e-mail minimalkan membuka file lampiran (attachment) Secara umum file attachment yang layak dibuka adala Anda sudah tahu apa isinya.

10. Jangan mudah tertarik iklan dan download software yang menggunakan crack
Kadang ketika membuka seuatu web akan ada iklan dan kita di suruh mengklik iklan tersebut dan kadang juga kita kerap mendownload software yang menggunakan crak dan untuk menginstal kita di suru untuk mematika antivirus kita. di situlah awal mula rysomware berkembang dan bersarang.

0 komentar

Posting Komentar