Pengertian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Topologi Jaringan



Mungkin sudah tidak asing lagi jaringan komputer di telinga kita mengingat jaringan komputer slalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut pembahasan tetang apa itu jaringan, jenis-jenis topologi jaringan beserta cara kerja topologinya dan kelebihan dan kekurangan.
Apa jaringan komputer? Yang di maksud dengan Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk sebuah struktur untuk dapat saling bertukar informasi satu sama lain, melalui media tranmisi Media tranmisi ini adalah media yang di gunakan untuk membawa informasi dari pengirim ke penerima atau client contohnya Kabel utp Jadi media tranmisi ini sebagai jembatan untuk kita dapat saling bertukar informasi.
topologi jaringan komputer
Tujuan dari di bangun jaringan komputer adalah agar informasi data yang ada pada pengirim dapat sampai pada penerima dengan akuran dan tepat.

Jenis-jenis Topologi Jaringan 
Ketika kita akan membuat sebuah jaringan komputer maka sangat penting kita mentukan topologi apa yang nantinya akan kita gunakan. Misalnya anda ingin membangun sebuah warnet nah sebelum membangun warnet anda harus menentukan topologi apa yang nantinya akan di gunakan mengapa sangat penting karna yang petama untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, menghemat biaya, mempersingkat waktu di karenakan di setiap topologi mempunyai pemasangan yang berbeda beda. 

Pengertian Topologi jaringan adalah Suatu konsep jaringan yang menghubungkan dari komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan kabel agar saling terhubung/terkoneksi. Berikut 5 Topologi yang paling sering di gunakan dalam kehidupan sehari- hari beserta penjelasanya: 

1. Topologi Ring 
gambar Topologi ring
Topologi ring ini berbentuk lingkaran karena di topologi ini setiap komputer saling terhubung penghubungnya adalah dengan menggunakan kabel jadi setiap komputer saling terhubung oleh kabel tersebut. Aliran data pada topologi ini harus melewati setiap komputer. Jadi jika komputer 1 ini ingin mengirimkan data pada komputer 5 maka cara kerja pada topologi ini dengan cara data akan di kirim terlebih dahulu melalui pc2 lalu pc3 lalu pc4 lalu pc5 sehingga data lebih lambat aliranya.

Kekurangan dari topologi ini adalah karna kabel yang menjadi media utama jika komputer 4 mengalami masalah maka akan bermasalah semua contoh ketika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 5 di karenakan komputer 4 tadi sedang bermasalah maka komputer 1 tidak dapat mengirim data ke komputer 5.
Kelebihan topologi ini adalah kita dapat menghemat kabel dan mudah dalam merancang

2. Topologi Mesh 
gambar topologi mesh
Yang kedua ada topologi mesh topologi ini saling menghubungkan dari setiap komputer lain yang berada pada satu jaringan. Untuk pada topologi ini komputer satu dapat langsung terhubung dengan komputer lainnya karena kabel yang di gunakan cukup banyak dan kabel langsung menuju komputer yang di tuju. Jadi data yang akan di kirim mengalir dengan cepat menuju penerima karena kabel langsung menuju penerima.

Kelebihan dari topologi ini adalah jika komputer satu ingin mengirim data ke komputer dua namun di komputer dua mengalami masalah maka itu tidak mengganggu komputer lainnya seperti komputer satu ke komputer 5 akan tidak ada ganngguan.
Kekurangan topologi ini karena topologi ini banyak menggunakan kabel maka di perlukan ruangan yang cukup besar

3. Topologi Star 
gambar Topologi Star 
Topologi ini menghubungkan komputer satu dengan komputer lain sehingga jaringan menyerupai berbentuk bintang. Dalam topologi star ini menggunakan Hub atau Switch untuk sebagai pengatur lalu lintas.

Kelebihan: jadi jika komputer 1 ingin mengirimkan file ke komputer 4 maka data yang dikirim akan melalui hub dahulu, topologi ini sangat banyak di gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Jika terjadi kerusakan jaringan pada salah satu jaringan maka tidak akan mengganggu jaringan lainya contohnya jika komputer 4 mengalami kerusakan maka komputer lainya tidak ada masalah karna Hub yang menjadi pengatur lalu lintas data.
Kekurangan: di karenakan hub yang menjadi pengatur lalu lintas data jika hub mengalami kerusakan maka jaringan akan blank atau disconect dan biaya yang di keluarkan lebih mahal.

4. Topologi Bus 
gambar Topologi bus
Topologi ini menggunakan kabel tunggal yang di mana kabel ini menjadi pusat terhubungnya antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Topologi bus ini data akan mengalir pada kabel dan akan menghubungkan dengan komputer client atau server

Kelebihan: Hemat dalam penggunaan kabel jika terjadi kerusakan pada satu komputer maka tidak mengganggu komputer lain contohnya jika komputer 1 mengalami masalah maka komputer dua jika ingin mengirim data ke komputer 3 tidak masalah.
Kekurangan: dikarenakan topologi ini berpusat pada kabel jika salah satu kabel bermasalah maka akan mengakibatkan keseluruhan jaringan akan terganggu

5. Topologi Three 
gambar topologi star
Topologi ini merukan kombinasi atau gabungan dari topologi star dan topologi bus. Komunikasi data yang berjalan melaui hub atau switch dan hub inilah yang berperan sebagai kendali dalam jaringan. Dalam topologi ini mempunyai kabel utama yang bernama kabel Badebon di mana kabel ini berfungsi menghubungkan hub pada jaringan satu dengan hub jaringan start lainnya. Misalnya jaringan star A akan mengirimkan data ke Jaringan B, maka data akan melewati hub terlebih dahulu dan kemudian terhubung melalui kabel pada topologi bus ini kemudian di teruskan ke kabel badbone dan menuju jaringan star B. 

Kelebihan: topologi three ini sangat cocok di gunakan untuk jaringan skala besar jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer maka tidak akan mempengaruhi komputer lainnya
Kekurangan: karna hub yang menjadi pusatnya maka jika hub ini mengalami masalah akan berpengaruh ke jaringan lainnya dan setiap ingin mengirim data harus melalui hub terlebih dahulu jadi data mengalir sedikit lebih lama


0 komentar

Posting Komentar