Hanya 3 Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot Dan Not Responding

Cara memperbaiki atau mengatasi laptop lemot di windows 7 dan windows 10 serta di semua os. Laptop merupakan kebutuhan penting sebagian orang, Apalagi di jaman teknologi baik anak-anak hingga seorang pekerja. Banyak hal yang bisa membuat laptop lemot salah satunya adalah terlalu banyak software namun tidak memasang antivirus tidak pernah mendefrag hardisk.
laptop yang sudah sering ngelag atau sering Not Responding ketika menjalankan aplikasi membuat pengguna jengkel dan pingin ganti laptop, padahal tak perlu membeli laptop baru cukup mengikuti tips dari jejakinfo.com insyaallah caranya work tidak perlu banyak cara untuk mengatasi laptop lemot cukup 3 saja .
berikut beberapa tips mengatasi laptop sering ngelag, laptop sering not responding , latop tiba-tiba ngerestar sendiri. Berikut tips diagnosanya:

1. Cek Hardisk 
Cara yang pertama itu cukup mengecek hardisk ini sangat penting karna sistem operasi atau windows yang kalian pakai tersimpan di hardisk jadi ada baiknya anda mengecek hardisk terlebih dahulu. Terkadang windows yang sering net reponding itu di karenakan hardisk yang bad sector apa itu bad sector disk yang mengalami kerusakan pada tempat penyimpanan, ada beberapa penyebab terjadinya bad sector bisanya karna terjadi putus koneksi saat transfer file dari hardisk, hardisk pernah terbenturan yang keras, tidak pernah mendefrag hardisk.

Untuk mengecek hardisk caranya sangat gampang anda perlu mendownload software bernama hdsentinel, sangat banyak aplikasi penyedia cek hardisk namun saya merekomendasikan menggunakan Hdsentinel karena keakuratanya yang lumayan pas
cek hardisk
Dari gambar di atas bisa di lihat mengunakan aplikasi Hd sentinel di sana banyak tools yang dapat membantu mengecek hardisk anda. klik download Disini . di sana akan ada informasi baik dan buruknya hardisk kita bisa di lihat dari peformance jika peformance 100% maka hardisk ada masih bagus. 
Cara mengatasi: 
  1.  Jika hardisk kita sudah tidak bagus lagi maka cara yang pertama bisa anda lakukan dengan mendefrag hardisk (menata file) 
  2. Mensecan dengan antivirus
  3. Mengurangi aplikasi/software
  4. menata file dan menghapus file yang tidak penting. untuk saran saya bisa membeli hardisk internal untuk menyimpan file penting yang ada di laptop seperti data skripsi,data kantor atau lainya agar lebih aman
  5. Anda bisa membersihkan Cache pada hardisk anda
  6. yang terakhir tentu anda membeli hardisk baru
2. Cek Proses Pada Task Manager
Perlu di ketahui sangat banyak faktor yang membuat laptop kita menjadi lemot dan lelet namun, cara yang satu ini adalah cara yang ampuh selain cara di atas, dapat melihat apakah komputer anda terkena virus, terkena mining, Dan dapat melihat kerja hardisk kita.
Jika laptop anda sudah leg silah kan cek artikel berikut Cara melindungi agar laptop tidak ngelag
Terkadang ketika laptop atau komputer anda terkena virus, virus akan berjalan tanpa pengetahuan kita dan ketika kita membiarkan dia akan berkembang dan menjadi berbahaya dan yang paling parah akan membuat kinerja komputer kita melambat untuk itu anda perlu melihat kinerja hardisk anda melalui tools bawaan yang di sediakn di windows. Berikut Caranya 

klik kanan di samping star menu atau tekan tombol ctrl+alt+del lalu pilih start task manager.
setelah itu klik performance + klik Rescource Monitor
Lihatlah pada tampilan di bawah simpelnya gini coba anda close semua aplikasi dan lihat lah pada bagian yang di lingkari di bawah ini, jika anda tidak ada membuka aplikasi maka akan 0%, 0% itu artinya tidak ada aplikasi yang berjalan  namaun jika anda membuka aplikasi usage nya berjalan. jika tadak ada aplikasi yang anda jalankan namun tidak 0% maka perlu di tindak lanjuti
Perlu di lihat Juga di Proses pada menu star task manager caranya sama melihatnya seperti di atas


Cara mengatasinya ikuti by steep berikut untuk menyelesaikannya:
1. anda bisa mendownload antivirus dan mencan seluruh file pada komputer anda
2. Upgrade Windows (jika windows ori)
3. Reprair Windows
4. Instal Ulang

3. Instal Ulang Atau Reprair
Cara yang terakhir cara yang bisa di bilang ampuh coba os nya di reprair mengapa perlu? ya kadang walaupun hardisk kita normal namun masih leg seperti yang di atas sangat banyak diagnosanya bisa jadi windownsya sudah rusak entah registrasinya yang sudah pernah terinfeksi virus atau lainya.
berikut penyebab windows rusak:
  1.  windows bajakan karna di activator windownya sudah di sertakan virus
  2.  sering intal aplikasi yang menggunakan crak, pernah nggak mau instal aplikasi namun anda menginstal cracknya namun tidak bisa dan kita harus mematikan anti virus kita tau kenapa? ya karna di activator terdapat virus
  3. sering berselancar di dunia internet namun tidak memasang aplikasi antispyware di berikut  Tips Mencegah dan Mengatasi Spyware Lalu Mengenali Dampaknya apalagi sekarang lagi marak web yang menggunakan scrip bitcoin/ mining
Jika di Reprair Masih belom bisa coba install ulang bisa menggunkan installer baru atau windows lainnya insyaallah cara di atas work. jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah semoga artikelnya bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar