Cara Ampuh Agar Laptop Tidak Lemot

Berikut tips agar laptop atau komputer tidak lemot. walaupun anda menggunakan speak komputer yang rendah namun anda mengerti bagaimana cara agar laptop tidak ngelag dan hang saya yakin laptop atau komputer anda akan lama bertahan, bebeda dengan anda yang meggunkan komputer dengan speak dewa/tinggi dengan harga yang mahal namun tidak tau menau dalam mencegah laptop agar tidak lemot maka laptop tidak akan bertahan lama, mengapa?
Perlu di ketahui laptop yang sudah lemot jika di biarkan sangat banyak resikonya salah satunya hardisk yang kelaman akan mngalami kerusakan, untuk itu sebelum terjadinya hal itu ada baiknya anda mencegah agar laptop anda terbebas dari lag dan hang. namun jika laptop sudah mengalami leg cek di sini 3 Cara Memperbaiki Laptop Yang Lemot
Berikut jejakinfo.com telah merangkum tipsnya

1. Rutin Scan Virus
Scan virus dengan antivirus
Scan virus dengan antivirus
      Cara yang pertama bisa anda lakukan dengan mensecan virus di hardisk anda ini bertujuan agar laptop anda terbebas dari virus. Jangan pernah spelekan virus karna kebanyak laptop yang sering lemot itu karna virus sudah bersarang di hardisk anda virus akan bekerja tanpa sepengetahuan anda dan semakin lama virus bersarang di hardisk anda maka hardisk anda lama kelamaan laptop akan sering mengalami lag dan hang serta sering not responding. Anda yang sering memasukan flasdisk rutinlah melakukan scan 1 bulan sekali untuk disk C saja. Berikut beberapa anti virus recomended Anti Virus Terbaik Untuk Pc dan Laptop

2. Rutin Defrag Hardisk
     Mendefrag hardisk secara teratur akan membuat laptop anda semakin lama umurnya selain memperpanjang umur hardisk anda, mendefrag hardisk itu seperti menata file file dan merapikan file ddi hardisk kita jadi sangat berguna mendefrag hardisk secara rutin. Berikut cara mendefrag hardisk:
     Ada banyak penyedia aplikasi untuk mendefrag hardisk salah satunya smart derag yang bisa anda download Di Sini
smart defragment
defrag hardisk
Seperti itulah tampilan saat mendefrag menggunakan aplikasi smart defrag. selain itu Smart defrag juga ringan untuk di windows.
Namun jika anda tidak ingin mendownload apliaksi windows sendiri telah menyediakan toolsnya berikut caranya:
Klik Start Menu + ketikan di pencarian Disk Defragmenter 
Setelah di klik akan mucul seperti ini
Silahkan anda defrag hardisk anda di sana juga ada configure schedule yang artinya anda bisa mensetting agar dapat defrag secara otomatis.

3. Membersihkan Sampah secara Rutin
      Setelah Mendefrag disk silahkan membersihkan bersihkan sampah di rycel bin pada menu desktop, ini juga sangat bepengaruh untuk mengurangi ngelag laptop. Cara selanjutnya bersihkan file yang ada di disk cleanup berikut caranya.
klik windows isikan disk cleanup hingga muncul seperti ini
setelah muncul di atas pilih disk yang akan di bersihkan setelah itu

silah kan ceklis file yang ingin di hapus dan di bersihkan.

4. Hapus Aplikasi Seperlunya Dan Remove aplikasi di Start Up
Gunakanlah aplikasi seperlunya saja jika ada applikasi tidak terpakai ada baiknya di uninstal saja dan tutupllah aplikasi jika sudah memakainya karna apalikasi yang terbuka memakan ram dan processor komputer. maksimalkan aplikasi di start up, ini sering menjadi kendala ketila lama saat menghidupkan laptop berikut caranya:
klik tombol windows + R lalu isikan msconfig
setelah itu jangan ceklis selain aplikasi system untuk mempercetap saat booting windows
5. Tambah Ram + Ganti Hardisk
Jika sudah merasakan mulai sering lag silahkan back up data penting di C pindahkan di disk D ini untuk berjaga jaga ketika disk C mengalami kerusakan. Atau bisa menambah kapasitas hardisk di karenakan mungkin aplikasi yang terlalu banyak di pc anda dan mengganti hardisk dengan yang baru.
Sekian artikel kali ini semoga bisa membantu, silahkan jika ada yang igin di tanyakan?.....

0 komentar

Posting Komentar